Begini Penampilan Eksklusif ‘Kereta Bandara’
KRJOGJA.COM | 06/05/2019 12:58
Begini Penampilan Eksklusif ‘Kereta Bandara’

YOGYA, KRJOGJA.com - PT KAI Daop 6 Yogyakarta resmi mengoperasikan KA Bandara, Senin (06/05/2019) siang dengan rute Stasiun Maguwo-Stasiun Tugu Yogyakarta-Stasiun Wates dan berakhir di Stasiun Wojo. Meski masih menggunakan rangkaian KA Solo Express, namun KA Bandara tersebut terlihat menarik dan segar dari sisi interior.

Di bagian dalam, kursi cukup luxury dan empuk dengan dominasi warna hijau dan putih disematkan. Warna hijau dipilih senada dengan eksterior kereta yang berpadu putih.

Baca juga: Biar Tak Bangkrut, Hindari Pengeluaran Ini saat Bulan Puasa

Layar televisi LED juga disediakan di tiap bagian gerbong jadi hiburan menarik bagi penumpang yang akan melakukan perjalanan 45 menit dari Maguwo menuju Wojo maupun sebaliknya. Di beberapa bagian disematkan pula ruang untuk meletakkan koper bagi penumpang yang nantinya akan atau baru saja menggunakan moda transportasi pesawat dari YIA.

Kepala Daop VI Yogyakarta, Eko Purwanto menyebut KA Bandara memiliki 196 tempat duduk dan ruang untuk berdiri penumpang yang total bisa menampung 50 persen dari total kursi. KA tersebut merupakan buatan PT Inka tahun 2018 yang bentuknya memang disesuaikan agar terlihat modern dan cocok sebagai KA Bandara.

“Selain kursi 196, kereta ini bisa untuk menampung penumpang berdiri juga kalau memang sedang jam sibuk, waktu perjalanan total 45 menit untuk tiba di Wojo dari keberangkatan awal di Maguwo. Harapan kami bisa mengakomodasi kebutuhan penumpang yang hendak atau dari Bandara YIA,” ungkapnya.

Saat ini operasional KA Bandara baru satu kali dalam sehari menyesuaikan jam penerbangan Citilink yang sudah mulai berpindah ke YIA dari Adisutjipto. “Nantinya kita akan sesuaikan jam penerbangan, kalau ada yang sampai malam maka bisa juga KA Bandara ini juga sampai malam hari,” tandas Eko. (Fxh)

KRJogja.com


BERITA TERKAIT