Maskapai Tak Siap Terbang dari Bandara Internasional Yogyakarta?
KRJOGJA.COM | 30/04/2019 10:30
Maskapai Tak Siap Terbang dari Bandara Internasional Yogyakarta?
Bandara New Yogyakarta International Airport atau NYIA di Kulon Progo, Yogyakarta. Sumber: Angkasa Pura I

KULONPROGO, KRJOGJA.com - Juru bicara proyek pembangunan YIA Agus Pandu Purnama, pihak AP I sudah berusaha maksimal menyiapkan pendaratan pesawat di YIA. Termasuk, penilaian terhadap potensi gangguan dan risiko 'Hazard Identification and Risk Assessment' (HIRA) juga telah final dan kesimpulannya YIA siap dan aman didarati pesawat. 'Dokumen Airport Emergecy Programme' (AEP) serta 'security' dan 'safety' sudah dibuat serta disimulasikan. Demikian juga 'Aeronautical Information Publication' (AIP) juga telah dipublikasikan.

BACA JUGA: Walau Telah Beroperasi, Pembangunan di YIA Tetap Dilakukan

Dari sisi layanan meteorologi, pelayanan pengisian bahan bakar pesawat, ruang pelayanan kesehatan, 'ground handling', transportasi dan karantina sudah disiapkan untuk pengoperasian bandara yang semula direncanakan untuk penerbangan internasional. Tapi dalam perkembangannya ternyata pihak maskapai belum siap karena masih mengurus izin <I>slot<P> dan rute penerbangan dan itu membutuhkan waktu relatif lama. Kejadian serupa dialami ketika rencana operasi dialihkan untuk penerbangan domestik.

"Kami (PT AP I-Red.) sudah berusaha memenuhi Perpres 98/ 2017 untuk beroperasi terbatas pada akhir April 2019. Tapi ada faktor belum siapnya airlines?. Bapak Presiden juga memutuskan menunda kunjungan kerjanya ke YIA," ungkap Agus Pandu Purnama.

BACA JUGA: YIA Batal Operasional Terbatas Akhir Bulan Ini

Kendati YIA siap melayani berapapun jumlah slot yang dibutuhkan maskapai tapi pihaknya tetap akan melihat potensi kecocokan jadwal terbang dengan bandara lain yang jadi tujuan atau asal keberangkatan. Di antaranya, Lion Group sudah mengajukan rute YIA-Bali, Balikpapan dan Batam. Hanya saja, ternyata slot di Bali tidak siap untuk jam yang sesuai. (Rul)

KRJOGJA.COM


BERITA TERKAIT