Korupsi Dana PNPM, Eks Sekretaris PNPM Ditahan
KRJOGJA.COM | 15/03/2019 11:46
Korupsi Dana PNPM, Eks Sekretaris PNPM Ditahan

PURWOKERTO, KRJOGJA.com - Setelah melakukan penyidikan dengan memintaia keterangan 30 orang saksi, penyidik Tindak Pidana Korupsi Kejaksaan Negeri (Kejari) Purwokerto, Kamis (14/3/2019) menahan Ny Ed (39) mantan Sekretaris Unit Pengelola Kecamataan (UPK) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pedesaan Kecamatan Cilongok, Banyumas.

"Ny Ed ditahan di Rumah Tahanan Banyumas karena melakukan korupsi dana PNPM sebanyak Rp 2.59 miliar dari tahun 2015 hingga Maret 2018," kata Kepala Seksi (Kasie) Pidana Khusus Kejari Purwokerto, Nilla Aldriani SH,MH,mewakali Kajari Lidya Dewi SH MH, Kamis (14/3/2019), di kantornya.

Baca juga: Revitalisasi Pasar Genjot Penerimaan Daerah

Tersangka Ny Ed warga Desa Karangtengah, Cilongok, ditahan setelah penyidik Kejari Purwokerto sejak Oktober 2018 lalu melakukan penyelidikan dan diteruskan penyidikan hingga penetapan tersangka. Dalam pengusutan kasus korupsi ini penyidik sudah memintai keterangan 30 orang saksi.

Sedang modus operandi yang dilakukan oleh tersangka Ny Ed yakni mendirikan kelompok simpan pinjam perempuan fiktif. Dari pendirian kelompok pinjam perempuan fiktif ini tersangka bisa mendapatka keuangan sekitar Rp 4 miliar. Dari uang sebanyak itu sebagian sudah dikembalian sedang yang belum dikembalikan sebanyak Rp 2.516.956.000.

Dalam pengakuanya uang negara  sebanyak itu digunakan untuk kepentingan pribadi yakni membeli rumah, dan kepentingan kebutuhan sehari hari. Untuk mempertagungjawabkan perbuatannya, pelaku dijerat dengan Undang Undang Nomor 20 Tahun 2001 pasal 2, 3, dan 9 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi dengan ancaman 20 tahun penjara. (Dri)

KRJogja.com


BERITA TERKAIT