Beruntun, Tanah Longsor Menimbun 43 Lokasi di Karanganyar
KRJOGJA.COM | 08/03/2019 16:30
Beruntun, Tanah Longsor Menimbun 43 Lokasi di Karanganyar
Pembersihan material longsor di sejumlah lokasi di Karanganyar. (Foto:Abdul Alim)

KARANGANYAR, KRJOGJA.com - Badan Penanggunalangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar mendata 43 lokasi terdampak longsor di tujuh kecamatan. Pendataan masih berlanjut sejak longsor beruntun menghantam puluhan lokasi itu pada Rabu (6/3).


“Kemungkinan masih bertambah, karena masih terus disisir. Untuk sementara, 43 lokasi longsor di tujuh kecamatan. Nilai kerugian bervariasi. Belum ditotal,” kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Karanganyar, Bambang Djatmiko, Jumat (8/3).  


BACA JUGA: Gunungkidul Dikepung Banjir Dan Longsor, Ratusan Warga Diungsikan


Dari seluruh lokasi itu, diklasifikasi ke aset privat maupun pemerintah. Pada aset pemerintah, longsor menutup akses transportasi di sedikitnya 10 titik jalan milik desa dan kabupaten. Konsentrasi pemulihan dengan membersihkan material longsor dari jalan tersebut sejak Rabu malam. 


Ratusan sukarelawan dari berbagai komunitas dikerahkan mengerjakannya secara gotong royong bersama TNI, Polri dan warga setempat. Bambang mengakatan, seluruh jalan tertutup longsor pada Rabu, sudah dapat dilalui pada Jumat (8/3).


“Penanganan kami kan fokus pada tempat umum, fasilitas umum. Kami melaksanakan kerja bakti membuka akses jalan. Sudah semua. Bekerjasama dengan warga sekitar, TNI/Polri, kecamatan, dan sukarelawan,” tutur dia.


BACA JUGA: Puluhan Rumah di Mertelu Terbenam Longsor, Warga Masih Mengungsi


Lokasi longsor merupakan wilayah langganan, seperti di Desa Koripan, Desa Girilayu, Desa Karangbangun, Kecamatan Matesih; Desa Tengklik, Kelurahan Blumbang, Desa Sepanjang, Kecamatan Tawangmangu; Desa Gerdu, Kecamatan Karangpandan; dan Desa Trengguli, Desa Menjing, Kecamatan Jenawi.


Data yang dihimpunnya, hujan deras dan angin kencang tersebut selain merusak infrastruktur jalan juga menewaskan seorang pengendara sepeda motor dan melukai pemboncengnya, akibat tertimpa pohon tumbang di Jl Solo-Tawangmangu, Desa Plumbom Rt 03/Rw IV, Tawangmangu. Di Ngargoyoso, longsor di Dusun Drojo Rt 04/Rw XI Desa Puntukrejo pada Rabu malam melukai Suginem (57) yang sedang beristirahat di dalam kamar. (Lim)


KRJOGJA.COM


BERITA TERKAIT