Cegah Calon Tunggal, Istri dan Anak Diminta Maju Pilkades
KRJOGJA.COM | 10/10/2018 14:05
Cegah Calon Tunggal, Istri dan Anak Diminta Maju Pilkades
Mantan Kades Banjarejo maju pilkades bersama istrinya. (Foto: M Talim Hadi)

GROBOGAN, KRJOGJA.com - Belasan pasangan suami istri (pasutri) di Kabupaten Grobogan akan bersaing dalam bursa pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang akan digelar November 2018. 

Hal ini karena calon tunggal tidak boleh disandingkan dengan kotak kosong seperti sebelum ada Perda yang mengaturnya Sehingga banyak incumbent yang kesulitan mendapatkan lawan. Terutama para incumbent yang kinerjanya dinilai baik oleh masyarakat. Salah satunya adalah incumbent Kades Banjarejo Kecamatan Gabus, Ahmad Taufik. Ia akan bersaing dengan istrinya, Istichomah. 

BACA JUGA: Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

"Banyak masyarakat menginginkan agar saya maju lagi. Karena tidak ada pesaing, terpaksa saya menyuruh istri ikut mendaftar. Awalnya istri saya keberatan. Setelah saya jelaskan bahwa peserta Pilkades tidak boleh tunggal atau melawan kotak kosong, akhirnya istri saya bersedia mendaftar,” ujar Taufik, Rabu (10/10/2018).

Selain pasutri, ada juga yang mengajukan anak atau kerabatnya untuk mendaftar jadi peserta pilkades agar tidak terjadi calon tunggal. Menanggapi hal itu, Kabag Pemdes Setda Grobogan Daru Wisakti menyatakan tidak masalah. 

"Sesuai Perda, peserta Pilkades memang tidak boleh tunggal. Minimal dua dan maksimal 5 orang. Karena tidak ada pesaingnya, banyak incumbent yang nyalon lagi terpaksa mengajukan istrinya sebagai lawan. Selain itu, ada juga yang mengajukan anak atau kerabatnya untuk mendaftar jadi peserta pilkades agar tidak terjadi calon tunggal,” ujarnya.

BACA JUGA:  Tutup Cupu Kyai Panjala Dibuka, Apa yang Tergambar?

Dikatakan, pelaksanaan Pilkades serentak saat ini sudah memasuki proses tahapan pengundian nomor urut setelah sehari sebelumnya pihak panitia desa menetapkan calon tetap peserta Pilkades. Menurut Daru, peserta Pilkades memang tidak larang dari pasangan suami istri, dengan catatan, keduanya harus memenuhi persyaratan yang ditentukan. (Tas)

KRJOGJA.COM


BERITA TERKAIT