Hutan Balai Taman Nasional Merbabu Terbakar
KRJOGJA.COM | 28/09/2018 13:10
Hutan Balai Taman Nasional Merbabu Terbakar

SEMARANG, KRJOGJA.com - Hutan di Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGM) di wilayah Dusun Nglelo, Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, terbakar Kamis (27/9).  Diduga,  kebakaran disebabkan ada orang yang sengaja membakar hutan untuk membuka lahan untuk bercocok tanam.


Komandan Koramil (Danramil) 03 Getasan Kapten  Hermanus mengatakan, titik api pertama kali diketahui sekitar pukul 08.30. Tim gabungan yang terdiri dari Balai Taman Nasional Gunung Merbabu, Koramil 03 Getasan, Polsek Getasan, relawan Pinoes, relawan SERI dan masyarakat langsung menuju lokasi kebakaran untuk melakukan pemadaman. Kebakaran berhasil dipadamkan.


"Ketika itu kami patroli pagi bersama. Saat perjalanan  kami melihat ada kepulan asap di lereng Gunung Merbabu. Luas hutan yang terbakar kurang lebih satu hektare." ujar Hermanus kepada wartawan, Kamis (27/9).


Dari hasil pemeriksaan bersama tim, diduga kebakaran disebabkan ulah manusia. Dugaan sementara ada orang yang sengaja membakar hutan untuk membuka lahan. "Siapa orangnya masih dalam penyelidikan bersama,” ujarnya. (Sus)


KRJOGJA.COM



BERITA TERKAIT