• Bantuan pemerintah pusat ke sektor perikanan tangkap laut mencapai 210 juta US dollar per tahun. Salah satu tujuannya untuk mengurangi praktik penangkapan ikan secara berlebih atau overfishing, namun sayangnya tidak semua bentuk bantuan tersebut sejalan dengan tujuan berkelanjutan dalam jangka panjang serta belum memberi dampak sosial ekonomi yang diharapkan.
  • Pengusaha rokok ilegal menyalurkan hasil produksi ratusan ribu batang rokok dengan memanfaatkan mobil ambulance yang rusak akibat kecelakaan, namun kedoknya terbongkar juga oleh Bea Cukai Kanwil Jateng DIY dan Bea Cukai Tegal. Truk bermasalah ditangkap di Gerbang Tol Adiwerna, Tegal.
  • Partai Demokrat mengecam keras sikap Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes) Budi Arie Setiadi yang mengunggah poster yang dirasa memfitnah Partai Demokrat dan mahasiswa di laman Facebook pribadinya. Partai Demokrat menilai hal tersebut kontra produktif dengan peperangan menangani pandemi Covid-19 saat ini.
  • Kasatlantas Polres Karanganyar AKP Sarwoko mengatakan penutupan akses jalan di gerbang tol Gondangrejo merupakan hasil evaluasi pemberlakuan penyekatan kendaraan di ruas jalan bebas hambatan itu selama berlangsung PPKM darurat.
  • Setelah melakukan penyelidikan dan penulusuran petugas Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta, Jawa Tengah, berhasil mengamankan pelaku pengunggah ajakan demo demo untuk memrotes kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat di Alun Alun Purwokerto.
  • Tingkat ketimpangan pengeluaran penduduk DIY yang diukur dengan rasio gini mengalami peningkatan alias semakin melebar per Maret 2021 jika dibandingkan dengan September 2020. Kondisi tersebut tercermin dari angka rasio gini pada Maret 2021 yang tercatat sebesar 0,441 atau naik 0,004 poin dibandingkan September 2020 sebesar 0,437.
  • Laporan keuangan organisasi non laba termasuk Yayasan bisa untuk mengetahui sehat tidaknya ‎organisasi /Yayasan tersebut terutama dari sisi finansial. Tetapi kenyataannya banyak organisasi non laba yang tidak memiliki laporan keuangan organisasi. Mareka hanya membuat laporan keuangan proyek.
  • Terjadi kebakaran yang menimpa Pasar Pahing, Desa Kuripan Kidul Kecamatan Kesugihan, Cilacap, Sabtu (17/07/2021) sekitar pukul 00.30. Penyebab kebakaran diduga akibat terjadi hubungan arus pendek atau konsleting pada instalasi listrik pasar.
  • Selama sepekan PPKM Darurat diberlakukan di Kota Yogya, mobilitas kendaraan berhasil berkurang cukup drastis. Akan tetapi aktivitas masyarakat masih tergolong tinggi. Oleh karena itu penyekatan di pintu masuk Kota Yogya semakin diintensifkan.
  • Sebanyak 639 peternak dari 400-an kabupaten/kota di Indonesia ikrar bersatu dalam Koperasi Peternak Ayam Kampung Unggul Balitbangtan (KOPAKUB) sejak akhir Mei 2021 lalu. Para peternak berikrar memaksimalkan potensi peternakan ayam kampung yang jika dihitung mencapai angka Rp 70 triliun pertahun.
  • Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Magelang, Sarifudin menegaskan bahwa, Pemerintah Kabupaten Magelang tak pernah menerbitkan izin tambang di wilayah Merapi lebih tepatnya di eks Dusun Ngori, Desa Kemiren, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang.
  • Pegawai atau ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah diminta untuk lebih berhati hati dalam pinjaman online (pinjol). Peminjaman secara daring ini agar dihindari supaya tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan kemudian hari.
  • Pengadilan Agama (PA) Wonogiri meluncurkan inovasi pelayanan Sipawon atau Serambi Pengadilan Agama Wonogiri Kamis (10/6). Diharapkan dengan pelayanan itu akan memangkas sekitar 50 persen dari total tahapan pengurusan perkara.
  • Puluhan pedagang Bahan Bakar Minyak (BBM) eceran berdemostrasi di SPBU 4456214 di Kecamatan Ngadirejo Temanggung menuntut diperbolehkan kulakan pertalite, Selasa (08/06/2021). Mereka datang dengan mengendarai mobil bak terbuka dan puluhan sepeda motor dan menggelar sejumlah spanduk.
  • Komisi B DPRD Kabupaten Sleman angkat bicara terkait wisatawan ‘diharuskan’ naik jip saat menuju petilasan Mbah Marijan. Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman diminta untuk menggalakkan pembinaan kepada pengelola pariwisata di Lereng Gunung Merapi. Tujuannya agar kejadian yang ‘mengharuskan’ wisatawan naik jip di Lereng Gunung Merapi tak terulang kembali.