Anggaran Habis, DLH Donggala Tak Angkut Sampah
SULTENGRAYA.COM | 21/11/2021 13:03
Anggaran Habis, DLH Donggala Tak Angkut Sampah
Ilustrasi tempat sampah. Foto: easy2buyusa

SULTENG RAYA – Anggaran untuk pengelolaan sampah di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah sudah habis, sehingga sudah hampir sebulan sampah di tempat pembuangan sementara (TPS) tidak diangkut.

Sudah hampir sebulan petugas pengangkut sampah Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Donggala tidak lagi bekerja untuk melaksanakan tugasnya, khusus dalam pengelolaan sampah.

Akibatnya, sampah bertumpuk di hampir seluruh TPS yang ada di ibu kota Kabupaten Donggala, hal ini menuai protes dari masyarakat Kecamatan Banawa, sebab tumpukan sampah menimbulkan bau busuk dan mengganggu keindahan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Donggala, Hermanto  menjelaskan, saat ini anggaran untuk pengelolaan sampah sudah habis.

Kata dia, DLH hanya diberikan anggaran penanganan sampah selama lima bulan, tetapi petugas bekerja sudah sampai bulan Oktober yaitu selama 10 bulan. “Jadi karena sudah tidak menerima gaji selama lima bulan petugas pengangkut sampah tidak mau lagi bekerja,” katanya.

Selain itu kata dia, mulai dari bulan Juli sampai Oktober 2021 petugas pengangkut sampah DLH sudah melaksanakan kewajibannya, untuk menutupi biaya operasional bahan bakar mobil selama lima bulan terakhir, pihaknya juga terpaksa berhutang.

Sementara, untuk pembahasan anggaran perubahan juga baru selesai dilaksanakan, pihaknya baru akan mengajukan permohonan anggaran.

“Saya berharap agar kedepannya pos anggaran pengelolaan sampah ditambah, agar pelaksanaan pengangkutan sampah lancar dilakukan setiap hari. DLH selalu menjadi kambing hitam atas persoalan sampah, sementara masyarakat juga tidak tahu bahwa DLH juga terbatas untuk melakukan pengangkutan sampah dengan anggaran yang tersedia ini,” terangnya.

sultengraya.com


BERITA TERKAIT