Kepala BNPB Sebut Tanggul Laut di Palu Tetap Dibangun
SULTENGRAYA.COM | 22/04/2019 13:40
Kepala BNPB Sebut Tanggul Laut di Palu Tetap Dibangun
SITUASI sepanjang pantai Talise yang porak poranda akibat gempa dan tsunami pada Jumat (28/9/2018) silam. FOTO: DOK SR

SULTENG RAYA – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo menekankan rencana pembangunan sea wall atau tanggul laut penahan tsunami di sepanjang pesisir teluk Palu oleh pemerintah pusat belum final.

“Tanggul laut masih kita kaji kembali. Ini belum final,” katanya dalam rapat koordinasi dengan Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola mengenai progres penanganan bencana Sulteng, di ruang kerja Gubernur Sulteng, Jumat (19/4/2019).

Pembangunaan tanggul itu sesuai dengan rekomendasi melalui Japan International Cooperative Agency (JICA) bertujuan mampu menaham gelombang tsunami. Sehingga bisa menekan jumlah korban jiwa, terutama yang bermukim tidak jauh dari pesisir Teluk Palu.

BACA JUGA: Kontraktor Penggarap Huntara Segera Dibayar

Pembangunan tanggul laut itu merupakan hasil pembelajaran saat Jepang dihantam gempa disusul tsunami tsunami 2011 lalu hinga menelan korban jiwa cukup banyak. Akan tetapi, Doni menilai infrastruktur buatan itu belum efektif menekan jumlah korban jiwa saat itu.

Justru, jenderal bintang tiga itu mengamati vegetasi hutan di beberapa ruas jalan yang tumpung disepanjang pesisir teluk palu efektif menekan angka korban jiwa saat gempa disusul tsunami 28 September 2018 lalu.

“Tidak sedikit warga dan bangunan tertolong berkat vegetasi hutan di beberapa ruas jalan yang tumbuh sepanjang pantai,” jelasnya.

Baca selengkapnya di SULTENGRAYA.COM


BERITA TERKAIT