Mangga Geopark Ciletuh Sukabumi Siap Panen, Petik Langsung dari Pohonnya
SUKABUMIUPDATE.COM | 14/05/2021 12:00
Petani tunjukan mangga siap panen di kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi, di Kecamatan Ciemas
Petani tunjukan mangga siap panen di kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi, di Kecamatan Ciemas

SUKABUMIUPDATE.com - Libur lebaran tahun ini, wisata lokal yang ingin berkunjung ke kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi Jawa Barat bisa dapat bonus panen mangga lokal. Para petani mangga di kawasan Ciemas dan sekitarnya tengah bersiap panen, sehingga bisa petik langsung di pohonnya.

Kabar gembira ini disampaikan oleh petani mangga di Desa Ciwaru Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi. "Hari ini pohon-pohon mangga di kawasan teluk ciletuh sudah siap panen. Rencananya habis lebaran panen," jelas Aldi Wibisana, petani mangga di Desa Ciwaru Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi, Rabu (12/5/2021).

Baca Juga : Keripik Mangga Oleh-oleh Khas Geopark Ciletuh Ciemas Sukabumi, Pernah Nyobain?

Jika berkunjung ke pesisir Ciletuh, pohon-pohon mangga siap panen ini berjajar baik di kebun ataupun lahan pemukiman warga. Bahkan banyak kebunnya yang berada di pinggir jalan raya sekitar lokasi wisata. 

"Jadi wisatawan libur lebaran tahun ini, selain menikmati alam ciletuh bisa petik langsung mangga siap panen dari pohonnya. Dijamin manis," sambung Aldi melalui pesan singkat.

Baca Juga : Panen Perdana Mangga Geopark Ciletuh Sukabumi, Cek Harganya

Untuk harga, belanja mangga langsung dari kebunnya jelas lebih murah dibandingkan di lapak pedagang. Mangga geopark ciletuh untuk kualitas terbaik bisa didapat dengan harga per kilogram dalam kisaran Rp 8 Ribu hingga Rp 10 ribu rupiah.

Menurut Aldi, petani mangga Geopark Ciletuh saat ini sudah bisa 2 hingga 3 kali panen setiap tahunnya. "Sekarang sudah mulai didorong oleh teknologi pertanian. Lebaran tahun ini tuh panen perdana tahun ini," ungkapnya.