Penyebaran Virus Covid-19 Lewat Udara versi Pemerintah, Muhadjir: Micro Droplet
SUKABUMIUPDATE.COM | 13/07/2020 17:01
Penyebaran Virus Covid-19 Lewat Udara versi Pemerintah, Muhadjir: Micro Droplet

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menjelaskan tentang potensi penyebaran Covid-19 lewat udara. Dilansir tempo.co, isu ini belakangan ramai dibicarakan setelah Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO mengakui adanya potensi ini.

Muhadjir mengatakan isu tersebut sebenarnya sudah pernah dijelaskan dalam temuan ilmuwan asal Jepang. Penyebaran lewat udara dimungkinkan terjadi lewat micro droplets.

Berdasarkan temuan itu, kata Muhadjir, kemampuan micro droplets berada di udara bisa mencapai 20 menit. Karena itu, ia mengatakan sangat riskan terjadi penularan dalam suatu pertemuan di ruang tertutup yang diadakan cukup lama.

Karena WHO telah menyatakan hal tersebut, Muhadjir mengatakan pemerintah telah menerapkan anjuran baru dalam protokol kesehatan. Pemerintah meminta masyarakat untuk menghindari pertemuan di ruang tertutup, terlebih di lokasi dengan ventilasi tertutup dan pertemuannya dalam jangka cukup lama.

Bahkan ia mengatakan anjuran itu juga perlu diterapkan dalam ibadah Salat Jumat. Ia mengimbau ibadah mingguan itu dilaksanakan secara lebih cepat daripada umumnya. "Khotbah Jumat atau khotbah di ruang tempat ibadat lain sebaiknya dipersingkat. Termasuk juga bacaan, yang biasanya panjang-panjang, kalau bisa diperpendek untuk hindari micro droplets itu," kata Muhadjir.

sumber: tempo.co


BERITA TERKAIT