Menjelang May Day, Apa Kabar Buruh Sukabumi Terdampak Covid-19?
SUKABUMIUPDATE.COM | 30/04/2020 16:15
Menjelang May Day, Apa Kabar Buruh Sukabumi Terdampak Covid-19?

SUKABUMIUPDATE.com – Jelang hari buruh dunia 1 Mei 2020, DPC (Dewan Pimpinan Cabang) Serikat Pekerja Nasional (SPN) Kabupaten Sukabumi mengirimkan bantuan paket sembako untuk buruh yang terdampak covid-19. Menurut SPN, ribuan buruh di Sukabumi yang harus dirumahkan, di PHK akibat wabah virus corona hingga saat ini belum mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah, baik pusat maupun daerah.

Hal ini diungkapkan ketua DPC SPN Kabupaten Sukabumi, Budi Mulyadi kepada sukabumiupdate.com melalui pesan singkat, Kamis (30/4/2020). Data SPN menunjukkan bantuan sosial untuk pekerja terdampak wabah corona melalui program kartu pra kerja sulit diakses, baik perorarangan maupun organisasi.

“Program kartu pra kerja yang digulirkan pemerintah pusat untuk buruh terdampak sulit terpantau karena diakses oleh perorangan, dan itupun sulit. Teman-teman kita yang di PHK mengakui sulit mendaftar program tersebut, dan seperti apa realiasinya di daerah juga masih belum jelas,” kata Budi.

Kondisi ini makin menyulitkan karena pemerintah daerah, di Kabupaten Sukabumi menurut Budi tidak menyiapkan program bantuan untuk buruh terdampak covid-19. “Pemda ternyata tidak menyiapkan program untuk buruh karena sudah ada program yang dicover pemerintah pusat melalui kartu pra kerja itu. Masalahnya seperti apa realisasi kartu pra kerja inikan masih belum jelas,” katanya.

Untuk membantu rekan-rekan buruh yang di phk atau di rumahkan, SPN menyiapkan sejumlah bantuan khususnya sembako.  Bantuan diberikan kepada anggota SPN yang dirumahkan atau di PHK karena perusahaan tempat mereka bekerja mengalami gangguan dampak pandemi covid-19.

BACA JUGA: PHK Pada Industri Padat Karya di Sukabumi Bisa 5765 Orang, Mei 2020 Penentuan Order

“Bantuan ini juga dalam rangka peringatan hari buruh dunia, 1 Mei besok. Hari buruh tahun ini menjadi moment duka bagi hak-hak pekerja ditengah pandemi virus corona yang berimbas ke seluruh sektor kehidupan termasuk industri,” kata Budi.

Ada 100 paket sembako berisi beras, gula, susu, mie, minyak,biscuit, dan lainnya yang mulai dibagikan di Cikembar. “Jadi paket sembako dan masker ini diutamakan untuk rekan-rekan yang terdampak covid-19 ini. Anggota SPN Kabupaten Sukabumi yang terdampak itu ada sekitar 600 orang, ya kita akan berusaha membantu,” ujar Budi.

Selain sebar sembako, pada 1 Mei 2020 besok SPN rencananya akan menggelar aksi bagi-bagi takjil Ramadan di sekitar Labora Cibadak. “Ada juga bagi-bagi masker, kita ingin masa pandemi ini segera berlalu agar rekan-rekan kami yang di rumahnkan atau di PHK bisa kembali mencari dan mendapatkan pekerjaan,”pungkasnya.


BERITA TERKAIT