20 Tahun Berjualan Ikan di TPI Pelabuhanratu, Iwan Mengaku Tak Pernah Sesepi ini
SUKABUMIUPDATE.COM | 16/04/2020 17:01
20 Tahun Berjualan Ikan di TPI Pelabuhanratu, Iwan Mengaku Tak Pernah Sesepi ini

SUKABUMIUPDATE.com - Pandemi Corona membawa dampak turunnya pendapatan pedagang ikan di Tempat Penjualan Ikan (TPI) Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. Pedagang menyebut pendapatan turun hingga 50 persen dalam satu bulan ini, sejak Corona menyebar.

Pedagang ikan Iwan (50 tahun) untuk harga ikan hasil tangkapan nelayan pun menurutnya tidak ada kenaikan harga hanya saja para pembeli saat ini dirasakan menurun drastis. Bahkan, banyak pedagang ikan yang tidak berjualan akibat keadaan ini.

Iwan mengatakan, kalau persediaan ikan masih aman karena nelayan terus melaut. "Kalau aktivitas nelayan mah gak berpengaruh, mereka masih melaut sampai saat ini dan hasil tangkapan juga masih ada," ujarnya.

BACA JUGA: Harga Anjlok, Peternak Ayam Potong di Kabupaten Sukabumi Jual Rp 7.000 Per Kg

Senada dengan Iwan, pedagang lainnya Uceng (40 tahun) juga merasakan hal serupa. Menurut Uceng, situasi ekonomi saat ini benar-benar terpukul akibat Covid-19. Sebab sudah 20 tahun lebih dirinya berjualan namun baru kali merasakan berkurangnya pembeli.

"Sepi sekarang mah, untuk sekedar balik modal jualan saja sudah Alhamdulillah, biasanya sebelum virus Corona merebak dalam satu hari pendapatan dari jualan ikan dapat kurang lebih Rp 1juta, sekarang paling dapat Rp 300- Rp 500 ribu saja," jelasnya.

BACA JUGA: Imbas Corona, 575 Hotel di Jabar Tutup, 25 Ribu Karyawan Dirumahkan

Uceng berharap pandemi virus Corona segera berakhir, tidak hanya di Kabupaten Sukabumi namun juga di Indonesia secara keseluruhan. "Mudah-mudahan virus Corona ini cepat hilang dan TPI Palabuhanratu ramai kembali oleh pengunjung yang membeli ikan," harapnya.

Sementara itu, harga ikan di TPI Palabuhanratu masih normal, seperti ikan eteman Rp 25 ribu per kilogram, tongkol Rp 25 ribu per kilogram, tuna Kecil Rp 35 ribu per kilogram, cumi Rp 30 ribu per kilogram, Camaul Rp 45 ribu per kilogram dan deles Rp 20 ribu per kilogram.


BERITA TERKAIT