Sepanjang Pantai Muara Citepus Pelabuhanratu Berserakan Tumpukan Sampah, Tak Indah Lagi
SUKABUMIUPDATE.COM | 06/03/2020 18:03
Sepanjang Pantai Muara Citepus Pelabuhanratu Berserakan Tumpukan Sampah, Tak Indah Lagi

SUKABUMIUPDATE.com - Berbagai jenis sampah menumpuk di sepanjang Pantai Muara Citepus, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. Sampah ini berasal dari hulu sungai kemudian terbawa hujan deras yang mengguyur sejak Rabu (4/3/2020) malam. 

Pantauan sukabumiupdate.com, tumpukan sampah di objek wisata ini terdiri potongan kayu, ranting kayu, potongan bambu, botol plastik hingga pampers bekas. Tumpukan sampah itu mengganggu keindahan sehingga mengusik kenyamanan wisatawan. 

Sementara itu, Kepala Operasional dan SDM Balawista Kabupaten Sukabumi Asep Edom Saepuloh mengatakan, tumpukan sampah di pantai tersebut sudah berkurang dibanding hari sebelumnya setelah warga pesisir membersihkannya.

BACA JUGA: Pantai Loji Palabuhanratu Kembali Dipenuhi Tumpukan Sampah, Termasuk Sisa Batubara

Menurut Asep, selain batang pohon dan ranting pantai tersebut juga dipenuhi sampah pempers hingga plastik bekas bungkus bumbu dapur. Sampah itu, kata Asep, dibuang oleh oknum warga ke Sungai Cidahon kemudian terbawa ke muara sungai di pantai tersebut.

"Kesadaran masyarakat yang berada di dekat bantaran Sungai Cidahon masih minim, masih banyak oknum yang membuang sampah sembarangan ke sungai. Kami berharap pemerintah melalui dinas selalu melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang tinggal di dekat bantaran sungai mulai dari hulu ke hilir sungai, baik tingkat RT dan RW untuk tidak membuang sampah sembarangan ke sungai," katanya.


BERITA TERKAIT