Festival Durian di Gununggendut Sukabumi, Ada Durian Kodok Pula
SUKABUMIUPDATE.COM | 25/02/2020 14:31
Festival Durian di Gununggendut Sukabumi, Ada Durian Kodok Pula

SUKABUMIUPDATE.com - Festival Durian digelar di Kampung Babakan Jaya Wangi, Desa Gunungendut, Kecamatan Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi. Festival yang dibuka secara resmi oleh Bupati Sukabumi, Marwan Hamami ini akan diselenggarakan selama tujuh hari, mulai dari tanggal 23 hingga 29 Februari 2020.

Ada banyak nama durian yang dipamerkan pada kegiatan ini diantaranya durian balok, durian kolecer, durian mentega, durian silet, dan durian kodok. 

"Jadi petani menganggap buah durian itu bukan sesuatu buah yang ekonomis, jadi mereka menjualnya borongan. Padahal kalau dibawa kontes seperti ini ada beberapa yang memiliki nilai unggul, walaupun belum semua karena masih membutuhkan perlakuan yang khusus," ujarnya kepada sukabumiupdate.com.

BACA JUGA: Sidemang, Durian Cikakak Juara Kontes Festival Buah Kabupaten Sukabumi 2020

Ujang menjelaskan. dengan diadakannya festival ini diharapkan dapat meningkatkan daya jual durian lokal asal Kalapanunggal ini. Selain itu, secara tidak langsung festival ini membranding semua durian lokal ini.

"Sementara durian di Kalapanunggal tidak ada branding, jadi secara umumnya durian lokal aja. Enaknya ketika ada festival jadi ada penamaan," terangnya.

BACA JUGA: Ludes Tidak Kebagian, 2.000 Durian Gratis di Festival Buah Sukabumi 2020

Selama ini, durian di Kalapanunggal itu distribusikan ke daerah Jabodetabek. Ketika distribusikan ke satu wilayah di Jabodetabek, durian itu diklaim hasil dari daerah tersebut bahkan diikut serta dalam kontes. Padahal aslinya durian itu dari Kecamatan Kalapanunggal.

"Banyak orang-orang yang mengambil buah durian ke Kalapanunggal untuk diikut sertakan dalam festival dan dibranding," katanya Ujang.

BACA JUGA: Si Melehoy, Durian Khas Desa Margalaksana Sukabumi yang Manisnya Nempel Terus

Festival itu mempererat tali silaturahmi antar petani dan semua stekholder kemudian misi mencari produk durian lokal unggulan dapat bejalan mulus, sehingga meningkatkan daya jual untuk kesejahteraan petani. "Rencananya ini akan diselenggarakan pertahun, ini acara pertama yang diselenggarakan," katanya.


BERITA TERKAIT