Serius, Teror ODGJ di Sukabumi Meresahkan Warga, Joget Setelah Bacok dan Lempar Batu
SUKABUMIUPDATE.COM | 13/02/2020 14:05
Serius, Teror ODGJ di Sukabumi Meresahkan Warga, Joget Setelah Bacok dan Lempar Batu

SUKABUMIUPDATE.com – Sejumlah ODGJ (orang dengan gangguan jiwa) yang berkeliaran di jalanan Sukabumi berpotensi melukai warga. Mulai dari memukul, melempar, hingga menyerang fisik warga yang kebetulan berada didekatnya, terbaru Rabu, (12/2/2020) ODGJ perempuan yang mengaku bernama Lady Gaga merusak mobil yang melintas di Jalan Ahmad Yani Kota Sukabumi menggunakan batu.

Ini bukan kejadian pertama ODGJ menyerang warga Sukabumi. Keberadaan ODGJ ganas yang memiliki potensi mengamauk inipun harus segera disikapi oleh pemerintah daerah karena rawan melukai warga sekitarnya. Berikut daftar serangan ODGJ kepada warga Sukabumi yang berhasil dihimpun redaksi sukabumiupdate.com; 

 

“Nuhun teman teman ojek online (grab) sudah mengantar saya pulang karena udah nggak bisa bawa motor,” tulis Panji di akun medsosnya.

BACA JUGA: Lady Gaga Joget Lalu Ngamuk di Tengah Kota, Mobil ASN Pemkot Sukabumi Ditimpuk

Sebelumnya Senin tanggal 3 Februari 2020, mobil milik Ipan (45) warga Gunungpuyuh nyaris dilempar batu besar oleh pria diduga ODGJ saat melintas di Jalan Nyomplong Kelurahan Dayeuhluhur Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi. “Hampir saja, batu dilempar mungkin karena terlalu besar jadi nggak sampe ke mobil. Pria badannya besar, pakai baju dan celana tapi yang gitu udah kotor kayak ODGJ lainnya,” kata Ipan kepada sukabumiupdate.com, Rabu (12/2/2020).

Selanjutnya, amukan ODGJ perempuan yang biasa mangkal di sekitar pertigaan Pasar Cikembar, Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi. warga sekitar menyebut ODGJ ini serang menyerang dengan benda apapun, batu, kayu dan besi yang melintas dikawasan tersebut, dilaporkan angkutan umum pernah rusak kena lemparan batu.

BACA JUGA: ODGJ Berkeliaran di Cikembar Sukabumi, Warga: Sering Lempar Batu!

Pada Desember 2019, ODGJ yang banyak berkeliaran di sekitar kawasan wisata Pantai Ujung Genteng Kabupaten Sukabumipun dilaporkan ganas dan sering menyerang warga. Bahkan pada tanggal 8 Desember 2019 dua ODGJ bahkan terlibat aksi saling serang (perkelahian) karena berebutan nasi bungkus dari sebuah lokasi tempat sampah sementara.

Dan yang paling sadis terjadi di Kalapanunggal Kabupaten Sukabumi pada tanggal 15 Agustus 2019 silam. Seorang warga harus dilarikan ke rumah sakit setelah dibacok oleh ODGJ yang masih tetangganya sendiri.

BACA JUGA: Duel Adu Jotos ODGJ di Ujung Genteng Sukabumi, Rebutan Nasi Bungkus

Untuk sejumlah kasus, ODGJ khususnya yang tidak liar seperti di Kalapangunggal sudah langsung ditangani karena pelakunya diketahui da nada keluarga yang bertanggung jawab. Namun untuk kasus ODGJ liar yang berkeliaran dijalan perlu penanganan khusus dari pemerintah daerah. ODGJ yang disebut Lady Gaga melempar mobil dengan batu dan joget.

“Untuk sementara kita amankan dulu Lady Gaga ini biar tidak meresahkan masyarakat. Belum tahu ini ODGJ dari mana dan sejak kapan. Mobil yang jadi korban gara-gara ulah ODGJ ini kabarnya mobil milik ASN BPKD Pemkot Sukabumi, Pak Marno," ujar Kabid Gakda dan SDA Satpol PP Kota Sukabumi, Sudrajat saat diwawancarai.

 


BERITA TERKAIT