Bukan Pocong Sembarang Pocong, Dodol Pocong Warna-warni Kuliner Leluhur
SUKABUMIUPDATE.COM | 13/09/2019 15:07
Bukan Pocong Sembarang Pocong, Dodol Pocong Warna-warni Kuliner Leluhur

SUKABUMIUPDATE.com - Pocong yang satu ini jauh dari kata seram. Punya warna-warni, rasanya manis dan legit. Namanya Dodol Pocong, buatan ibu-ibu PKK Puteri Mandiri Desa Ciwalat, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Sukabumi. Ternyata pocong warna-warni ini merupakan kuliner turun temurun.

Pegiat wisata Kecamatan Pabuaran, Ardiansyah (23 tahun) menyebut, resep dodol pocong tersebut sudah ada sejak zaman dahulu kala. "Dodol pocong ini sudah ada dari zaman nenek moyang dulu. Saat itu jadi ciri khas kuliner saat Idul Fitri maupun Idul Adha," ungkap pemuda asal Kampung Babakan, Desa Ciwalat tersebut.

BACA JUGA: Manisnya Dodol Mangga, Kuliner Khas Geopark Ciletuh Sukabumi yang Wajib Dicoba

Dodol pocong dibuat dengan bahan baku tepung ketan, susu, santan kelapa, vanili dan coklat. Cara mengolahnya sama seperti membuat dodol lainnya, namun bentuk dan warna kemasan yang membedakan.

"Disebut Dodol Pocong karena proses pengemasannya disamakan dengan pocong. Begitupun dengan variasi warna agar mudah diingat dan beda dengan yang lainnya," ungkapnya.


BACA JUGA: Dodol Hitam Gula Aren Khas Kasepuhan Sinar Resmi, Kenyal-kenyal Gimana Gitu

Masih kata Ardiansyah, Dodol Pocong baru dikembangkan sekitar tahun 2015 lalu oleh Kader PKK Desa Ciwalat, melalui Kelompok Wanita Tani (KWT) Puteri Mandiri binaan desa. Meski demikian, pembuatan Dodol Pocong masih tergantung pesanan.

"Jadi tidak setiap hari produksi. Paling seminggu dua kali produksi, karena memang masih terkendala pemasaran. Disebar baru di wilayah Kecamatan Pabuaran. Biasanya banyak yang pesan saat lebaran buat oleh-oleh," katanya lagi.

Dodol pocong dijual dengan harga satuan Rp 2.000. Sedangkan satu pack mika isi 15 buah dibanderol Rp 20.000 dengan rasa original manis. "Semoga kedepan Dodol Pocong akan lebih banyak peminatnya," kata Ardiansyah.

Masyarakat yang ingin membeli kuliber Dodol Pocong bisa langsung datang ke Kampung Babakan RT 09/02 Desa Ciwalat, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Sukabumi. Atau bisa juga datang ke Balai Desa Ciwalat. 


BERITA TERKAIT