Wisata Bukit Baros Tinggalkan Kenangan BJ Habibie di Sukabumi
SUKABUMIUPDATE.COM | 12/09/2019 21:17
Wisata Bukit Baros Tinggalkan Kenangan BJ Habibie di Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Kepergian Presiden ke-3 Republik Indonesia, BJ Habibie, meninggalkan duka yang mendalam bagi masyarakat Indonesia termasuk warga Sukabumi. Semasa hidup, BJ Habibie pernah datang ke Sukabumi tepatnya ke wisata bukit Baros.

"Yang punya wisata bukit Baros itu namanya Pak Rachmantio, adalah teman dekat Pak Habibie. Mereka dulu sama-sama kuliah di Jerman," tutur salah seorang perwakilan pengelola Wisata Bukit Baros, Doan kepada sukabumiupdate.com, Kamis (12/9/2019).

BACA JUGA: Untuk BJ Habibie, Bendera Setengah Tiang Berkibar di Balai Kota dan Pendopo Sukabumi

Doan menjelaskan, sekitar tahun 2012, BJ Habibie datang ke tempat tersebut. Pada saat hanya ada pabrik pembuatan keju saja sedangkan objek wisatanya belum dibuka untuk umum. 

BJ Habibie beserta pemilik Wisata Bukit Baros Rachmantio (kiri) dan Wakil Wali Kota Sukabumi Mulyono di tahun 2012 silam.

"Dulu itu, wisatanya ini hanya diperuntukkan untuk keluarga atau pribadi Pak Rachmantio saja. Jadi Pak Habibie datang ke sini itu atas dasar undangan perkawanan dari Pak Rachmantio," jelas Doan.

BACA JUGA: BJ Habibie Bagi Sukabumi Tak Hanya Presiden ke 3 Tapi Keindahan Laut dan Alamnya

Saat itu, BJ Habibie berkeliling di area Bukit Baros tersebut. Ikatan persahabatan antara BJ Habibie dengan Rachmantio begitu erat. Rachmantio pun masih sering menjenguk BJ Habibie sebelum meninggal dunia.

Bahkan, Rachmantio menulis sebuah buku yang berjudul 'Seni Mengendalikan Ego', dan BJ Habibie menuliskan satu pesannya dalam buku tersebut. "Waktu itu kalau saya tidak salah, rencananya Pak Habibie itu ke Sukabumi mau dengan Ibu Ainun, tapi takdir Allah, sebelum sempat ke sini, Ibu Ainun meninggal dunia," ujar Koordinator Cafe dan Sales Marketing Wisata Bukit Baros, Yuli Tanamal.


BERITA TERKAIT