Pemkab Wonogiri Buka Pendaftaran Pemilihan Duta Wisata
JOGLOSEMARNEWS.COM | 10/11/2021 14:30
Pemkab Wonogiri Buka Pendaftaran Pemilihan Duta Wisata
Atlet gantole meluncur dari puncak bukit Joglo, Wonogiri. JSNews/Aris Arianto

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Ini pengumuman bagi warga Wonogiri yang berminat menjadi corong kepariwisataan Kota Gaplek. Pemkab menyelenggarakan pemilihan Duta Wisata Wonogiri.

Namun demikian untuk mengikuti ajang ini tentunya ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi. Ketika sudah lolos persyaratan pun ada tahapan lain yang wajib dilalui hingga nantinya bisa dipilih menjadi duta wisata.

Untuk diketahui, Duta Wisata Wonogiri pada 2020 ditiadakan. Alasannya adalah pageblug alias pandemi COVID-19.

Serius mau mendaftar? Simak penjelasan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Wonogiri Pranata melalui Kasi Pemasaran Pariwisata Sapto berikut ini.

Sapto mengatakan pendaftaran Duta Wisata sudah mulai dibuka sejak 5 November lalu. Pendaftaran ditutup pada 26 November. Ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi pendaftar.

Syarat teknis itu di antaranya adalah WNI yang berdomisili di Wonogiri, berumur minimal 17 tahun dan maksimal 24 tahun. Selanjutnya memiliki aktivitas di bidang pariwisata seperti travelling, konten kreator, dan lain sebagainya. Selain itu juga ada syarat administrasi lain yang harus dipenuhi dalam pendaftaran.

Informasinya, pendaftaran Mas dan Mbak Duta Wisata Wonogiri 2021 tak dipungut biaya sepeserpun. Untuk para pemenang juga telah disiapkan hadiah uang tunai.

“Tahun 2020 kemarin tidak ada karena pandemi. Sekarang atas petunjuk pimpinan bisa digelar,” jelas Sapto Selasa (9/11/2021).

Pengusaha multimedia ini juga menuturkan, meskipun provinsi tidak menggelar pemilihan Mas dan Mbak Jawa Tengah, Wonogiri menggelar hal tersebut di tahun ini. Menurut dia, berdasarkan arahan dari Plt Kepala Disporapar Wonogiri, persyaratan di tahun ini dibuat berbeda. Misalnya tidak ada syarat tinggi badan minimal.

Pihaknya fokus mencari calon Mas dan Mbak Duta Wisata yang memiliki aktivitas di bidang pariwisata seperti konten kreator dan sebagainya. Dengan begitu, pemikiran dari Mas dan Mbak Duta Wisata ikut berkontribusi dalam membangun Kota Batu Gamping.

“Jadi dicari yang bisa menyumbangkan ide kreatifnya untuk Pemkab Wonogiri khususnya di bidang pariwisata. Tapi tidak menutup kemungkinan juga di bidang lain,” jelas Sapto.

Tugas dari Duta Wisata yang terpilih adalah berkontribusi dalam mempromosikan Wonogiri, utamanya di bidang pariwisata. Selain itu juga bisa mewakili Wonogiri di event-event pariwisata.

Sapto memastikan, dalam tahapan pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata 2021, bakal menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Usai pendaftaran, akan ada tes wawancara dan tes tertulis. Teknisnya bakal luwes, bisa secara online bisa juga tatap muka, tergantung dari jumlah pendaftar.

Lalu ada proses pembekalan atau diklat untuk menemukan passionnya. Peserta yang mengikuti diklat berjumlah 20 orang, masing-masing 10 besar nominator Mas Duta Wisata Wonogiri dan 10 besar nominator Mbak Duta Wisata Wonogiri.

Grandfinalnya rencana tanggal 11 Desember. Lokasinya menunggu petunjuk pimpinan.

joglosemarnews.com


BERITA TERKAIT