Pasar Klewer Jadi Satu-satunya Pasar di Solo Yang Wajib Terapkan Aplikasi Peduli Lindungi
JOGLOSEMARNEWS.COM | 23/09/2021 19:07
Pasar Klewer Jadi Satu-satunya Pasar di Solo Yang Wajib Terapkan Aplikasi Peduli Lindungi
Suasana toko yang menjual bahan kue di lantai basement Pasar Senen Blok III, Jakarta Pusat, Rabu 24 Juli 2019. Tempo/Silvy Riana Putri

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Pasar Klewer menjadi satu-satunya pasar di Kota Solo yang diwajibkan menerapkan Aplikasi Peduli Lindungi. Hal itu sesuai dengan penunjukan dari Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa mengatakan, saat ini Pasar Klewer menjadi satu-satunya pasar di Solo yang ditunjuk oleh Kemendag untuk menerapkan Aplikasi Peduli Lindungi. Ke depannya, penerapan aplikasi tersebut akan dilakukan di seluruh pasar.

“Yang ditunjuk baru Pasar Klewer. Sebelumnya untuk obyek wisata, yang ditunjuk Taman Balekambang. Sekarang Pasar Klewer. Tapi kan tidak bisa langsung diterapkan begitu saja, perlu persiapan-persiapan yang dilakukan secara bertahap,” urainya, Rabu (22/9/2021).

Diimbuhkan Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Solo, Heru Sunardi, pihaknya tengah menyiapkan vaksinasi untuk 800-an pedagang di Pasar Klewer terkait rencana penerapan Aplikasi Peduli Lindungi tersebut. Jumlah pedagang yang belum divaksin tersebut merupakan sisa pedagang yang belum mendapatkan vaksin covid-19.

“Pemkot Solo sudah fokus ke vaksin pedagang pasar sejak Maret 2021 lalu. Tapi masih saja ada yang terlewat. Termasuk ratusan dari Pasar Klewer ini. Kami minta mereka untuk divaksin terlevih duku sebelum Peduli Lindungi diterapkan,” ujarnya.

Heru mengungkapkan, setelah seluruh pedagang pasar Klewer dan pegiat usaha di dalamnya selesai divaksin, pihaknya baru akan melaksanakan tahapan selanjutnya untuk penerapan Peduli Lindungi.

“Seperti misalnya koordinasi dengan Dinas terkait tentang lokasi skrining barkode Peduli Lindungi dan sebagainya. Untuk pengajuan barkode-nya sudah masuk data Kementerian Perdagangan,” pungkasnya.

joglosemarnews.com


BERITA TERKAIT