Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo Lebih Pilih Jadi Sunan Jogo Kali Ketimbang Jadi Wamen PUPR
JOGLOSEMARNEWS.COM | 28/01/2021 10:00
Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo Lebih Pilih Jadi Sunan Jogo Kali Ketimbang Jadi Wamen PUPR
Wali kota Solo, FX Hadi Rudyatmo

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo lebih memilih menjadi Sunan Jogo Kali ketimbang duduk di kursi Wakil Menteri PUPR.

Sempat diisukan bakal menjabat Menteri Sosial menjelang reshuffle kabinet Desember 2020 lalu, ternyata Hadi Rudyatmo mengaku ditawari jabatan Wakil Menteri PUPR atau Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Namun tawaran jabatan wakil menteri yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo itu ditolak oleh Rudy, panggilan akrab FX Hadi Rudyatmo.

“Saya pilih jadi Sunan Jogo Kali (jaga sungai) saja di Solo, hahaha,” ujar Rudy bergurau saat menemui sejumlah pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Surakarta saat beraudensi di rumah dinas Walikota Solo, Loji Gandrung, Rabu (27/1/2021).

Yang dimaksud Rudi sebagai “Jogo Kali” lantaran rumah kediamannya di Pucangsawit, Jebres, Solo berada di pinggir Sungai Bengawan Sungai. Sehingga setelah lengser tidak lagi menjabat walikota akan memilih tinggal di kediamannya di Pucangsawit yang terletak di pinggir Sungai Bengawan Solo.

Hadi Rudyatmo mengatakan dirinya bukanlah orang yang gila jabatan. Ukuran hidup, kata dia, tak hanya ditentukan jabatan. "masih banyak karya kita yang lain," katanya.

"Saya jadi Sunan Jogo Kali saja, mendirikan padhepokan di pinggir Kali Bengawan Solo, saya masih bisa membantu membangun Kota Solo,” ungkapnya.

empat diisukan bakal menjabat Menteri Sosial menjelang reshuffle kabinet Desember 2020 lalu, ternyata Hadi Rudyatmo mengaku ditawari jabatan Wakil Menteri PUPR atau Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Hadi Rudyatmo yang akan mengakhiri masa jabatannya pada 17 Februari 2021 mendatang itu mengatakan tawaran sebagai Wakil menteri PUPR tersebut disampaikan oleh sejumlah utusan yang membawa pesan langsung dari Presiden Jokowi.

Rudy menceritakan kronologi ketika dirinya mendapat tawaran sebagai Wamen PUPR. Ada beberapa utusan yang menghubungi dia sambil membawa pesan langsung dari Presiden Joko Widodo

“Sudah dihubungi, di WA (whattsap), bahkan ada yang datang ke sini," katanya saat menemui sejumlah pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Surakarta saat beraudensi di rumah dinas Walikota Solo, Loji Gandrung, Rabu (27/1/2021).

Bahkan Rudy mengatakan dirinya sudah diminta datang ke Jakarta untuk pelantikan tanggal 23 Desember 2020 lalu. "Sambil membawa baju resmi untuk pelantikan tanggal 23 Desember kemarin bareng Mas Sandiaga," katanya sambil menyebut nama Sandiaga yang kini menjabat Menteri Pariwisata.

JOGLOSEMARNEWS.COM


BERITA TERKAIT