Sudah Dinyatakan Sembuh Juli lalu, Pria 28 Tahun di Wonogiri Kembali Positif Covid-19, Alami Reinfeksi?
JOGLOSEMARNEWS.COM | 15/10/2020 11:30
Sudah Dinyatakan Sembuh Juli lalu, Pria 28 Tahun di Wonogiri Kembali Positif Covid-19, Alami Reinfeksi?
Ilustrasi virus corona. Pixabay

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Kasus reinfeksi COVID-19 terjadinya di Wonogiri. Seorang pria yang awalnya terpapar Corona sempat dinyatakan sembuh dia kemudian terinfeksi kembali.

Plt Bupati Wonogiri Edy Santosa mengatakan, kasus reinfeksi COVID-19 merupakan kali pertama terjadi di Wonogiri.

Menurut Plt Bupati, pasien reinfeksi COVID-19 tersebut dialami oleh laki-laki berumur 28 tahun asal Kecamatan Wonogiri. Pria itu terpapar Corona sewaktu bekerja di sebuah perusahaan di Kalimantan.

“Itu terjadi bulan Juli lalu. Sudah diisolasi dan dirawat di rumah sakit di sana dan sembuh,” ungkap Edy, Sabtu (10/10/2020).

Laki-laki itu menyempatkan pulang kampung ke Wonogiri. Awal diketahui jika dirinya kembali terpapar corona, saat melakukan swab mandiri sebagai prasyarat untuk dapat bekerja kembali di perusahaan yang ditempatinya di Kalimantan itu.

“Tapi setelah swab dilakukan ternyata hasilnya positif COVID-19-19. Maka, saat ini pria itu menjalani karantina khusus di rumahnya. Kami juga telah melakukan tracing dan bahkan anggota keluarganya sudah diuji swab, untuk itu kita masih menunggu hasilnya,” terang Edy.

Pihaknya sudah berdiskusi dengan beberapa dokter ahli dari RS Moewardi dan juga UNS. Hal itu dilakukan untuk menentukan tindakan medis selanjutnya, apakah yang bersangkutan karena terinfeksi ulang harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut atau tidak.

Perlu diteliti lagi jenis virus yang menjangkiti pasien tersebut. Apakah jenis virus yang sama atau jenis virus yang telah bermutasi. Selain itu juga harus dilakukan lagi pemeriksaan lebih lanjut terkait antibodi pasien.

“Apakah antibodi pasien sudah terbentuk atau belum. Semisal belum terbentuk, bisa saja kasus ini bukan kasus reinfeksi,” beber Edy. Aria

JOGLOSEMARNEWS.COM


BERITA TERKAIT