Mengapa Hanafi Rais Mundur Mendadak dari PAN yang Digagas Ayahnya, Amien Rais?
JOGLOSEMARNEWS.COM | 06/05/2020 16:21
Mengapa Hanafi Rais Mundur Mendadak dari PAN yang Digagas Ayahnya, Amien Rais?
Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Hanafi Rais, yang juga anak mantan Ketua MPR Amien Rais, berhasil lolos menjadi anggota DPR setelah meraih 171.316 suara di Dapil Daerah Istimewa Yogyakarta pada Pemilu 2019. Dok.TEMPO/Fakhri Hermansyah

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  – Secara mendadak, Hanafi Rais, putra pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais, menyatakan mundur anggota partai berlambang matahari tersebut.

Pengunduran diri tersebut disampaikan lewat surat, dan dibenarkan oleh politikus PAN, Asri Anas. Sikap politik tersebut bertepatan dengan Rakernas I PAN yang digelar secara virtual hari ini, Selasa (5/5/2020).

“Saya sudah konfirmasi sama Hanafi benar beliau mundur seperti dalam surat,” kata Anas kepada wartawan, Selasa (5/5/2020).

Dalam surat tertanggal 5 Mei 2020, Hanafi menyatakan mundur dari partai yang pernah dipimpin ayahnya, Amien Rais.

Hanafi Rais sekaligus mundur dari Kepengurusan DPP PAN periode 2020-2025, jabatan Ketua Fraksi PAN di DPR, serta dari anggota DPR RI periode 2019-2024.

Hanafi Rais mengatakan, setelah Kongres PAN pada Februari 2020 dia memiliki harapan PAN bisa menegakkan prinsip keadilan, menjaga keutuhan, dan kebersamaan kader.

Dia pun mengaku sudah berupaya untuk itu. Menurut putra sulung mantan Ketua MPR Amien Rais tersebut PAN telah melewati kongres yang sarat kekerasan dan mencoreng wajah partai.

“Kita hendaknya sudah dan terus mentaubati apa yang telah terjadi jika ingin Allah rida dengan partai ini,” kata Hanafi.

Hanafi menilai, PAN melewatkan momentum untuk memperbaiki diri agar menjadi lebih bijaksana dalam berorganisasi dan bersikap. PAN justru cenderung konformis dengan kekuasaan.

“Bukan sikap yang adil di saat banyak kader dan simpatisan menaruh harapan PAN menjadi antitesis dari pemegang kekuasaan,” bebernya.

Surat Hanafi Rais ditandatangani di atas materai. “Hanya rida Allah yang saya tuju. Mohon maaf lahir dan batin atas segala kekurangan saya,” tulis Hanafi.


BERITA TERKAIT