Pantau Banjir di Kaligawe Semarang, Ganjar Pranowo Temukan Tiga Pompa Air Rusak
JOGLOSEMARNEWS.COM | 09/01/2020 09:40
Pantau Banjir di Kaligawe Semarang, Ganjar Pranowo Temukan Tiga Pompa Air Rusak

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo langsung mengecek banjir di Kaligawe Semarang, Selasa 7 Januari 2020 malam.

Selepas isya Ganjar tiba di sekitar bawah jembatan tol Kaligawe Semarang. Mengenakan mantel dan sepatu boot, Ganjar langsung mengecek beberapa titik genangan air.

“Motor lewat yang lajur sana pak, mogok nanti (kalau lewat sini),” kata Ganjar yang sesekali ikut mengatur arus yang melambat.

BACA: Bandar Pil Koplo Bandengan Digerebek Polisi. Warga Resah WIlayah Jadi Ajang Transaksi, Diamankan Ratusan...

Tempat Ganjar berdiri, genangan air mencapai betis. Namun beberapa langkah di depannya mencapai genangan air mencapai paha orang dewasa. Karena genangan tersebut kondisi lalu lintas dari Terboyo sampai Genuk tersendat.

Mengetahui ketinggian air itu Ganjar langsung meluncur ke arah pompa air di seberang jalan. Benar saja, ternyata aliran dari pipa saluran air tidak optimal.

Tempat Ganjar berdiri, genangan air mencapai betis. Namun beberapa langkah di depannya mencapai genangan air mencapai paha orang dewasa. Karena genangan tersebut kondisi lalu lintas dari Terboyo sampai Genuk tersendat.

Mengetahui ketinggian air itu Ganjar langsung meluncur ke arah pompa air di seberang jalan. Benar saja, ternyata aliran dari pipa saluran air tidak optimal. Ganjar lantas tengak-tengok mencari penjaga pompa, namun tidak ketemu.

“Lho pak kok di sini,” kata seorang pria yang tiba-tiba muncul dari kubangan air. Dengan sisa kegugupannya, dia merangkak naik lalu menyalami Ganjar.

“Kalau tidak dibersihkan airnya tidak mau ngalir pak. Ini sampahnya nyumpel (menyumbat),” terang petugas bernama Pendi itu, sambil menunjuk tumpukan sampah di sampingnya.

Ganjar lantas menanyakan beberapa perkara teknis pengendalian pompa air tersebut. Sambil menggigil dan harus beradu bising dengan suara pompa Pendi terus memberi penjelasan. “Nitip ya mas biar tidak banjir,” pesan Ganjar.

Selain pompa air jembatan tol Kaligawe, Ganjar juga mengecek rumah pompa Sringin dan Waru. Setelah ngobrol dengan petugas penjaga, Ganjar mengatakan masih terdapat tiga pompa yang rusak sehingga tidak berfungsi dengan optimal.

“Di dekat pompa situ masih ada genangan di bawah jembatan tol, depan (RSI) Sultan Agung dan sekitar Polsek Genuk. Kemarin ada dua mobil portabel ini bisa dioptimalkan,” ujarnya.

Ganjar sendiri membentuk Grup WA Jateng yang beranggotakan para bupati dan wali kota. Dalam salah satu chat misalnya, Ganjar mengawali koordinasi dengan bertanya ‘Yth Bpk/Ibu bgmn kondisi wilayah panjenengan akibat hujan kemarin (sampai hari ini)?’

BACA: Video Guru Honorer SDN Cawet Viral Saat Merayap di Jembatan Rupanya Masih Dingat-Ingat Gubernur...

Terkait antisipasi banjir, Ganjar telah menginstruksikan kepala daerah untuk siaga satu. Jika terjadi bencana, ia meminta keselamatan warga diutamakan. Ganjar juga mengecek pompa-pompa di sekitar Kota Semarang, Kamis (2/1/2020) pagi, untuk memastikan penyedot air itu berfungsi baik.

“Saya mau muter lihat pompa, kita cek semua kalau ada yang kurang berfungsi segera ditangani,” tandas Ganjar. JSnews

JOGLOSEMARNEWS.COM


BERITA TERKAIT