Bekas Tapa Pendem Mbah Pani Keluar Air Asin yang Berubah Tawar
JOGLOSEMARNEWS.COM | 24/09/2019 16:25
Bekas Tapa Pendem Mbah Pani Keluar Air Asin yang Berubah Tawar

PATI, Joglosemarnews.com – Ada fenomena aneh yang terjadi di tanah bekas tempat bertapa pendem Mbah Pani di Juwana, Pati, Jawa Tengah. Tanah bekas tapa pendem tersebut senantiasa mengeluarkan air. Anehnya, air yang keluar dari tempat itu rasanya tawar, padahal tempat tersebut dekat dengan pantai utara.

“Air tanah terus keluar di liang kubur tempat Mbah Pani melakukan ritual tapa pendem itu,” ujar Joko Wiyono, adik ipar Supani alias Mbah Pani (63), Jumat (20/9/2019).

Pihak keluarga secara rutin menguras air di tempat itu menggunakan pompa air setiap 10 menit sekali. Joko menyebutkan, pada awalnya air tanah tersebut asin seperti air laut. Namun, beberapa saat setelah liang kubur digunakan Mbah Pani untuk bertapa, air disebut berubah menjadi air tawar.

 

“Awalnya asin, karena di sini memang dekat laut. Tapi kemudian berubah jadi tawar setelah digunakan Mbah Pani untuk tapa pendem,” katanya. Joko mengaku sempat mencicipi air tanah yang keluar dari liang kubur Mbah Pani dan rasanya tawar, seperti berasal dari sumber mata air asli.

“Rasanya itu seperti air sumber asli, gak seperti air matang, tapi seperti air yang di mata air begitu, khas dan segar. Saya minum berkali-kali,” jelasnya.

 

Air tanah itu, lanjutnya, kemudian ditampung di jeriken air berukuran besar. Kini, lebih dari dua jeriken besar terisi penuh dengan air dari liang pertapaan Mbah Pani. Joko mengatakan, selagi air tersebut belum habis, pihak keluarga akan mempersilakan siapa pun yang ingin meminta air tersebut.


BERITA TERKAIT