Warga Nigeria Curi Sekantong Uang Receh Rp 200 Ribu dari Konter HP
JOGLOSEMARNEWS.COM | 02/09/2019 16:26
Warga Nigeria Curi Sekantong Uang Receh Rp 200 Ribu dari Konter HP

SOLO, Joglosemarnews.com – Warga negara Nigeria KK 30 tahun menjadi tersangka pencurian di konter seluler D’Nom di Jalan Popda Nusukan, Solo yang terjadi pada Sabtu 24 Agustus 2019.

Belakangan pelaku merupakan DPO dari kantor Imigrasi Solo. Pelaku sudah melebihi batas kunjungannya ke Indonesia. Dia berkunjung ke Indonesia sejak tahun 2018 silam, dengan izin tinggal berpariwisata.

Kasat Reskrim Polresta Surakarta, Kompol Fadli menjelaskan pelaku berwarga negara Nigeria ini juga menjadi DPO oleh kantor imigrasi. "Jadi setelah selesai menjalani hukuman ini, kami limpahkan ke kantor imigrasi untuk diproses di sana,” ujar Kompol Fadli Jumat 30 Agustus 2019.

Modus yang digunakan pelaku asal Nigeria itu, yakni melihat situasi konter yang kosong. Kemudian, pelaku melihat-lihat barang apa saja yang bisa diambil.

“Malam harinya, pelaku meenjalankan aksinya dengan cara mencungkil menggunakan linggis untuk mengambil uang, handphone dan laptop,” papar Kasat Reskrim Polresta Surakarta.

Fadli menambahkan, setelah mendapatkan laporan dari korban dan melihat CCTV yang terpasang di konter, petugas kepolisian langsung melakukan pengejaran.

Polisi berhasil menangkap pelaku KK di kos-kosan dalam waktu kurang dari 24 jam. Saat diinterogasi, ujar Fadli, pelaku mengaku ditinggal oleh temannya, sehingga ia terlantar di Solo. “Lalu ia nekat mencuri untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Itu pengakuan dari pelaku,” ujarnya.

Dalam penangkapan itu, polisi mengamankan barang bukti berupa uang receh sekitar Rp 200.000, beberapa handphone berbagai merek dan satu unit laptop dan linggis yang digunakan pelaku untuk membobol konter. A Setiawan

JOGLOSEMARNEWS.COM


BERITA TERKAIT