Bupati Sragen Sampai Ngeri Melihat Besarnya Peredaran Uang di Pilkades Serentak
JOGLOSEMARNEWS.COM | 27/06/2019 06:10
Bupati Sragen Sampai Ngeri Melihat Besarnya Peredaran Uang di Pilkades Serentak
Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM- Kontestasi pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Sragen dibayangi biaya besar untuk money politik. Bupati Sragen pun sampai mengaku ngeri melihat perputaran uang dalam Pilkades.

Calon Kades dalam mengikuti kontestasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak bisa menghabiskan uang sampai Rp 600-700 juta. Anggaran sejumlah itu untuk pemberian “amplop” bagi calon pemilih.

BACA: Fenomena Money Politik di Pilkades Sragen. Bupati: Kalau Tidak Ada Kontestan Beri Uang, Selesai Kok! 

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengaku ‘ngeri’ melihat kondisi tersebut. Yuni menilai perputaran uang pada pilkades serentak di 167 desa itu cukup besar.

“Apa yang mau dilakukan bupati sebenarnya, bisa apa tidak?. Bisa saja asalkan bersama sama kita memerangi itu. Apa tidak ngeri melihat pilkades 167 desa, berapa uang yang akan beredar itu nanti,” ungkap Yuni kepada wartawan di rumah dinasnya, Selasa (25/6/2019).

Sebelumnya upaya melawan money politik jelang Pilkades digaungkan Forum Komunikasi Kepala Desa (FKKD) Sragen. Salah satunya membuat usulan format tahapan kampanye yang akan diajukan ke Pemerintah Kabupaten Sragen.

BACA: Makin Ketat, Draft MoU Cantumkan Sanksi Coret Bagi Calon Penyebar Money Politik di Pilkades Sragen. PNS Dilarang Jadi Tim Sukses

FKKD sendiri mengakui Calon Kades bisa menghabiskan uang sampai Rp 600 juta untuk kontestasi Pilkades. Wakil Ketua FKKD, Siswanto menyampaikan pilihan serentak pilkades ada 167 desa. Belajar dari pilihan serentak sebelumnya, FKKD berusaha menyetop money politik.

“Sehingga kades terpilih komitmen memajukan desa yang dipimpinnya. Kami masih bahas dan ajukan ke bupati dan didiskusikan bersama, sebelum pemilihan ada formula agar money politik tercegah,” paparnya.

Baca selengkapnya di JOGLOSEMARNEWS.COM


BERITA TERKAIT