Simulasi Caleg PDI, Caleg Unggulan Nomor 2 Untungkan Partai Gerindra
JOGLOSEMARNEWS.COM | 19/03/2019 14:30
Simulasi Caleg PDI, Caleg Unggulan Nomor 2 Untungkan Partai Gerindra
Sugiyamto saat menunjukkan specimen surat suara untuk simulasi ke konstituennya. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM- Fenomena sebagian besar calon anggota legislatif (Caleg) kuat bernomor urut 02 yang akan berlaga di kontestasi Pileg 2019 di Sragen, dinilai berpotensi menguntungkan parpol bernomor urut 02 yakni Gerindra.

Pasalnya dari simulasi yang dilakukan oleh salah satu caleg PDIP menunjukkan hampir 50 persen atau separuh pemilih yang berusia lanjut, ternyata masih salah menerjemahkan arahan mencoblos

BACA JUGA: Jadi Terlapor Kasus Kalender Prabowo-Sandi Berlogo Pemkab Sragen, Tim...

Arahan mencoblos serial caleg bernomor urut dua baik di DPR RI, DPRD Jateng maupun DPRD Sragen, ternyata sebagian besar masih meleset. Hasil simulasi, banyak yang coblosannya justru mendarat di partai nomor urut 02 yakni Gerindra.

Fakta itu disampaikan salah satu caleg DPRD Sragen asal PDIP Dapil Sragen 01, Sugiyamto. Caleg bernomor urut 02 itu kebetulan sudah menggelar simulasi pencoblosan ke konstituen di beberapa wilayah basisnya dalam beberapa waktu terakhir.

“Hasilnya ternyata 50 persen meleset dan malah mencoblos partai nomor urut dua. Padahal sejak awal kita sosialisasi dan arahkan untuk mencari gambar partai dulu, lalu dicari nomor urut dua baru dicoblos. Saat kita beri penjelasan ya sepertinya paham, tapi faktanya masih banyak yang salah. Mungkin masih bingung sehingga akhirnya nyoblosnya nomor dua. Ini saya sampaikan agar menjadi perhatian bagi Caleg lain utamanya PDIP,” paparnya kepada Joglosemarnews.com, Senin (18/3/2019).

BACA JUGA: Geger Kalender Prabowo-Sandi Berlogo Pemkab Beredar di Sragen. Pemkab...

Menurut mantan Ketua DPRD Sragen periodd 2014-2016 itu, potensi salah coblos ke partai nomor urut dua itu bisa sangat terbuka. Terlebih, hampir sebagian besar Caleg kuat dan berlabel unggulan di parpol mapan, juga menempati nomor urut dua.

Baca selengkapnya di JOGLOSEMARNEWS.COM


BERITA TERKAIT