7 ODGJ Dibawa ke Klinik Gangguan Jiwa untuk Jalani Perawatan
FLORESPOST.CO | 01/06/2018 10:02
7 ODGJ Dibawa ke Klinik Gangguan Jiwa untuk Jalani Perawatan
Petugas berupaya melakukan pemadaman api. (BP/nik)

FLORESPOST.co, Borong Sebanyak 7 (tujuh) Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang ada di Kelurahan Rongga Koe, Kecamatan Kota Komba, Manggarai Timur (Matim), NTT telah diantar oleh Erasmus Jagu ke Klinik Gangguan Jiwa Renceng Mose Ruteng.

“Di Kelurahan Rongga Koe, orang yang mengalami gangguan jiwa sebanyak tujuh orang. Dari tujuh orang ini saya langsung mengantar mereka ke Klinik Gangguan Jiwa Renceng Mose Ruteng,” kata Erasmus Jagu, Lurah Rongga Koe, kepada media ini, Kamis (31/5/2018).

Erasmus menjelaskan, tujuh orang yang mengalami gangguan jiwa tersebut langsung menjalani perawatan selama kurang lebih lima tahun.

“Saat ini empat orang sudah sembuh dan sudah kembali ke tengah masyarakat luas dan mereka mulai bekerja kembali, aktivitas bertani seperti biasa,” ungkapnya.

Untuk tiga orang yang masih dirawat, jelas Erasmus, kurang lebih dua kali setiap bulannya saya kunjungi mereka.

“Tujuan saya mengunjungi mereka adalah untuk memberikan perhatian supaya mereka tidak merasa dikucilkan dan saya selalu memberikan mereka bimbingan. Buktinya setiap hari Minggu mereka selalu ke Gereja,” ungkap Erasmus.

Erasmus menjelaskan bahwa, dirinya tertarik dengan komunitas ODGJ ini, bagaimana manusia yang baru dilahirkan mengalami cacat fisik, cacat mental, dan dikucilkan oleh banyak orang.

Padahal, kata Erasmus, mereka juga adalah makhluk ciptaan Tuhan yang sangat setara dengan manusia normal lainnya.

“Melihat kondisi demikian maka saya angkat mereka untuk dirawat, supaya mereka sejajar dengan orang lain di luar sana," jelasnya.

Erasmus berharap, mereka yang mengalami gangguan jiwa tidak kucilkan. “Bila mana ada keluarga yang memiliki orang dengan gangguan jiwa seperti itu segera hubungi saya dan saya segera mencari jalan keluar untuk bisa mengantarkan mereka ke Klinik Gangguan Jiwa Renceng Mose,” katanya.

Selain tergerak hatinya untuk mengurus ODGJ, Erasmus juga memberikan perhatian terhadap Lansia.

“Selama ini saya juga bergerak di bagian umur lansia, khususnya lansia yang berbaring di tempat tidur baik yang janda maupun yang duda. Jumlah lansia di Kelurahan Rongga Koe ada 30 orang yang usianya 75 tahun ke atas,” ungkapnya.

Untuk pendanaan Lansia, Erasmus mengaku telah sedang mengajukan proposal ke pihak Dinas Sosial Kabupaten dan Pusat. Sedangkan untuk ODGJ, Klinik Gangguan Jiwa Renceng Mose Ruteng bekerja sama dengan Dinas Sosial dan dibiayai oleh Pemda Kabupaten Manggarai Timur selama mereka rawat.

Reporter: Mulia Donan

Editor: Fransiskus Ramli


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT