Warga Desa Rana Masak Manggarai Timur Antre Seharian untuk Air Bersih
FLORESPOST.CO | 03/07/2019 09:39
Warga Desa Rana Masak Manggarai Timur Antre Seharian untuk Air Bersih
Warga setempat saat sedang mengambil air. [Foto Acong/Flores post]

FLORESPOST.co, Borong – Warga desa Rana Masak di kecamatan Boron, Kabupaten Manggarai Timur (Matim) mengeluhkan persediaan air bersih untuk kebutuhan rumah tangga.

Desa yang berjarak sekitar 6 kilo meter dari Borong ibu kota kabupaten ini, berjumlah 426 Kepala Keluarga (KK), juga terdapat fasilitas publik seperti empat (4) Sekolah Dasar (SD) dan Pusat Kesehatan Desa (Puskesdes).

BACA: Nelayan Hilang Belum Ditemukan, Tim SAR Lanjutkan Pencarian Besok

Pantauan lansung Florespost.co pada, Senin (1/7/2019), tempat penampungan air debitnya sangat kecil dan tiap hari jerigen warga bertumpukan disekitar area itu.

Bahkan untuk mendapatkan air bersih, masyarakat rela antri dari pagi hingga keesokan harinya hanya untuk mendapatkan air tersebut. Kondisi ini dialami masyarakat setempat sudah sejak lama. Akibatnya, penyediaan air bersih di fasilitas umum lainnya seperti kamar mandi Puskesdes juga terlihat kosong.

Kepada media ini warga Desa Rana Masak Falni Maria Anu menjelaskan bahwa pada saat musim kemarau, jerigen bertumpukkan mengantri untuk mendapatkan air minum.

“Kalau musim kemarau disini jerigen bertumpuk-tumpuk untuk mendapatkan air minum bahkan dari pagi sampai malam saat musim hujan airnya sangat keru,” jelas Falni.

Sementara itu, Elvrida Suryati Andung petugas kesehatan di Puskesdes Rana Masak juga mengungkapkan hal yang sama akan kesulitan air minum bersih.

BACA: LKPD Matim 2018, Mendapat Opini Wajar Tanpa Pengecualian

Elvrida mengharapkan agar pemerintah dan pihak-pihak terkait untuk segera mengambil langkah bijak dalam mengatasi persoalan ini.

“Selama ini jika ada pasien yang melahirkan, kami sering meminta air di warga sekitar bahkan ada yang dibawa oleh keluarga pasien langung dari rumah,” tuturnya.

FLORESPOST.CO


BERITA TERKAIT