Segudang Masalah 1.049 Desa Tertinggal di NTT: Dari Akses Jalan Hingga Listrik
FLORESPOST.CO | 06/03/2019 09:30
Segudang Masalah 1.049 Desa Tertinggal di NTT: Dari Akses Jalan Hingga Listrik

Oleh: Rahmah Farida, S.ST, M.Si*

*)Fungsional Statistisi di BPS Kabupaten Manggarai Barat

Lebih dari sepertiga dari total seluruh desa di Nusa Tenggara Timur (NTT) masih merupakan desa tertinggal. Data ini diperoleh berdasarkan hasil pendataan Potensi Desa (PODES) 2018 yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada bulan Mei 2018 lalu.

Podes merupakan satu-satunya sumber data kewilayahan yang muatannya beragam dan memberi gambaran situasi pembangunan suatu wilayah sampai level desa. Dari hasil PODES 2018 ini diperoleh nilai Indeks Pembangunan Desa (IPD) dengan skala 0-100 yang merupakan indeks komposit untuk menggambarkan tingkat kemajuan atau perkembangan desa dengan status tertinggal, berkembang dan mandiri. Semakin tinggi IPD berarti semakin mandiri desa tersebut.

Rilis hasil pendataan PODES 2018 oleh BPS baru-baru ini menyebutkan bahwa nilai IPD di NTT hanya 48,93 yang merupakan IPD terendah keenam setelah Papua, Papua Barat, Kalimantan Utara, Maluku dan Maluku Utara. Berdasar hasil IPD ini, tercatat sebanyak 1.049 desa atau sebesar 35,89 persen desa di NTT masuk dalam kategori desa tertinggal.

Hal ini patut menjadi bahan perhatian serius bagi pemerintah kedepan untuk melaksanakan program-program kerja yang dapat meningkatkan status desa ini. Hasil Podes 2018 ini juga diperoleh bahwa baru 9 desa di NTT yang masuk kategori desa mandiri atau berarti hanya 0,30 persen dari total seluruh desa di NTT.

Daerah tertinggal dikenal sebagai daerah yang wilayah serta masyarakatnya kurang berkembang dibanding daerah lain dalam skala nasional. Dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 131/2015 dikatakan bahwa suatu daerah dikatakan sebagai daerah tertinggal berdasarkan kriteria perekonomian masyarakat, sumber daya manusia, sarana dan prasarana, kemampuan keuangan daerah, aksesibilitas dan karakteristik daerah.

Baca analisis lengkap di FLORESPOST.CO

 


BERITA TERKAIT