Di Wamena Pencoblosan Molor, Kepala KPPS Menghilang dan Ditemukan di Rumah Sakit
JUBI.CO.ID | 27/06/2018 10:50
Di Wamena Pencoblosan Molor, Kepala KPPS Menghilang dan Ditemukan di Rumah Sakit
Masyarakat sedang menunggu proses pencoblosan di TPS 05 depan stadion pendidikan Wamena - Jubi/Islami

Wamena, Jubi – Warga kota Wamena yang mencoblos di Tempat Pemungutan Suara  (TPS)  05 Kelurahan Wamena Kota di jalan Panjaitan tepatnya di depan Stadion Pendidikan sempat kebingungan saat hendak mencoblos. Pasalnya, TPS 05 ini sempat menghilang dari pagi.

Pencoblosan yang dilakukan Rabu (27/6/2018) semakin kurang jelas karena Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara  (KPPS) belum hadir di lokasi TPS hingga pukul 10.30 WP.

Ketika dicari oleh warga, ternyata ketua KPPS tidak berada di tempat atau rumahnya. Demikian dan juga keberadaan logistik pilkada tidak diketahui keberadaannya. Hal ini mengecewakan masyarakat yang mempunyai hak pilih.

"Kita tunggu dari jam 6 pagi, tetapi sampai jam 10 belum dibuka juga TPS," kata seorang warga bernama Veronika Gobay, Rabu (27/6/2018).

Baca juga: KPPS Kesulitan cari alamat pemilih, undangan Pilkada tak dibagikan

Situasi ini langsung mendapat perhatian dari pihak kepolisian. Panwas dan KPU Jayawijaya.

Sekitar pukul 10.45 WP pihak kepolisian langsung mencari keberadaan ketua KPPS 05, dan langsung dibawa. Ia ditemukan berada di depan rumah sakit Waena tanpa alasan yang jelas.

Akhirnya, pelaksanaan pencoblosan dilaksanakan meski harus secara terburu-buru, setelah polisi menghadirkan ketua KPPS tersebut.

Sementara di TPS 01 Kampung Wesagenya, Distrik Wesaput masyarakat keluhkan nama mereka tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

"Banyak warga yang sudah meninggal tetapi masuk DPT," ujar Manu Huby, seorang warga Kampung Wesage. (*)

TABLOIDJUBI.COM


BERITA TERKAIT