Pilot Pesawat SAM Air Sempat Berlindung di Gorong-gorong
JUBI.CO.ID | 08/06/2022 09:30
Pilot Pesawat SAM Air Sempat Berlindung di Gorong-gorong

Jayapura, Jubi – Pilot pesawat Semuwa Aviation Mandiri Air atau SAM Air, M Farhan Fachri berhasil menyelamatkan diri saat pesawat yang dibawanya ditembak kelompok bersenjata di Bandara Kenyam, Kabupaten Nduga, Selasa (7/6/2022). Farhan lolos dari rentetan tembakan itu setelah melompat ke gorong-gorong dan berlindung beberapa saat.

Direktur SAM Air, Wagus Hidayat mengatakan, pesawat yang diterbangkan M Farhan Fachri berangkat dari Bandara Wamena di Kabupaten Jayawijaya pada Selasa pagi. Pesawat itu membawa penumpang dan sejumlah bahan kebutuhan pokok ke Kenyam. “Namun setelah mendarat dan terparkir di pelatatan Bandara Kenyam [selama] kurang lebih 5 menit, [pesawat itu] ditembaki sekelompok orang. Pilot langsung menyelamatkan diri,” kata Wagus di Jayapura, Selasa (7/6/2022).

Farhan berhasil menyelamatkan diri dengan melompat ke gorong-gorong, berlindung di sana beberapa saat. Ia akhirnya melompat keluar dari gorong-gorong itu, dan ditolong sejumlah warga dan aparat keamanan. Wagus menyatakan saat penembakan itu terjadi, tidak ada aparat keamanan yang berjaga di Bandara Kenyam.

Padahal Kabupaten Nduga merupakan salah satu daerah konflik di Papua. “Ini menurut penerbang kami, dan memang saya sudah pastikan [melalui telepon], memang tidak ada personel Kopasgat di sana. Yang ada hanya personel Brimob dan TNI AD,” ujarnya.

Wagus menyatakan pesawat itu rusak parah karena ditembaki. Ada belasan tembakan ke arah pesawat yang mengenai sejumlah instrumen penting pesawat. “Saat ini kami sudah tempatkan dua orang teknisi guna mendata kerusakan pesawat. Mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah ada hasilnya,” jelasnya.

Ia menambahkan, rute penerbangan di daerah rawan sudah menjadi visi misi dan motto SAM Air untuk melayani masyarakat di Papua. “Kami berharap pemerintah benar-benar serius memberikan rasa aman yang maksimal kepada setiap penerbangan,” tutupnya.

 

jubi.id


BERITA TERKAIT