Anggota Majelis Rakyat Papua Diborgol Saat RDP, Kapolres Merauke: Antisipasi dan Menjaga Keamanan
JUBI.CO.ID | 19/11/2020 15:29
Anggota Majelis Rakyat Papua Diborgol Saat RDP, Kapolres Merauke: Antisipasi dan Menjaga Keamanan

Merauke, Jubi- Kapolres Merauke, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Untung Sangaji menegaskan, langkah kepolisian memborgol beberapa orang termasuk anggota Majelis Rakyat Papua (MRP), Amatus Ndapitis dari hotel semata-mata untuk menjaga keamanan.

Penegasan itu disampaikan Kapolres saat dihubungi wartawan melalui telepon selulernya Kamis (19/11/2020). “Memang jumlah peserta Rapat Dengar Pendapat (RDP) banyak yang hendak dilaksanakan MRP, sehingga mengantisipasi hal-hal tak diinginkan, ada yang diborgol,” ujarnya.

Dia berdalih, saat mereka ditangkap anggota tak dilengkapi pentungan dan lain-lain. Jadi langkah tersebut semata-mata menjaga keamanan dari anggota saat melaksanakan tugas.

“Kita juga mengantisipasi jangan sampai ada yang membawa pisau. Betul diborgol dan saat naik di mobil, langsung dilepas ketika dibawa ke Polres Merauke,” ujarnya.

Ditambahkan, saat mereka diamankan, personel dari Polres Merauke juga sedikit. Sekaligus mengantisipasi ada yang berbuat sesuatu.

Anggota MRP, Amatus Ndapitis kepada sejumlah wartawan kemarin mengaku dirinya tak tahu menahu alasan dirinya bersama sejumlah rekan lain diborgol dan dibawa ke Polres Merauke.

“Saya tak mengerti alasan apa sehingga diborgol dan dibawa ke Polres Merauke. Padahal tujuan kami ke sini semata-mata melakukan RDP terkait dengan evaluasi dana Otonomi Khusus (Otsus),” katanya. (*)

JUBI.CO.ID


BERITA TERKAIT