Wali Kota Jayapura Ancam Palang Venue Lapangan Tenis untuk PON 2021
JUBI.CO.ID | 26/10/2020 13:00
Wali Kota Jayapura Ancam Palang Venue Lapangan Tenis untuk PON 2021
Salah satu Venue PON XX 2021 lapangan tenis di samping Kantor Wali Kota Jayapura, Papua. - Jubi/Ramah

Jayapura, Jubi – Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, secara tegas menolak pemberian nama salah satu venue PON XX 2021 Papua, yaitu lapangan tenis di samping Kantor Wali Kota Jayapura, yang akan diresmikan oleh Gubernur Papua pada 23 Oktober 2020 bersama sejumlah venue PON lainnya.

Pasalnya, spanduk warna putih berukuran 2 x setengah meter itu bertulisan lapangan tenis Wonda Lambu, yang tidak sesuai dengan usulan Pemerintah Kota Jayapura ke Dinas Pemuda dan Olahraga Papua, terkait pemberian nama yaitu Sian Soor.

“Lapangan tenis ini adalah aset Pemerintah Kota Jayapura yang sudah dibeli dari masyarakat adat Hamadi. Dulunya lapangan tenis diminta provinsi untuk direnovasi dibangun venue PON, kami mendukungnya karena membangun lapangan tenis bertaraf internasional,” ujar Tomi Mano di Kantor Wali Kota Jayapura, Rabu (21/10/2020).

Menurut Tomi Mano, Pemerintah Provinsi harus menggunakan nama yang sudah diusulkan karena sesuai dengan kearifan lokal seperti pemberian nama Jembatan Youtefa.

“Jadi, saya minta jangan memberikan nama lain kepada venue ini. Tetap nama Sian Soor, kalau nama lain tetap akan kami palang dan kami tidak izinkan karena ini adalah aset kami. Dengan tegas kami menolak ,” ujar Tomi Mano.

Diakui Tomi Mano, pembangunan venue yang terletak di samping Kantor Wali Kota Jayapura tersebut dibangun dari uang rakyat.

“Kalau uang pribadi, mau kasih You (kamu) punya nama sendiri, nama anak kah silahkan. Jokowi membangun jalan tol dimana-mana tidak memberi nama jalan tol Jokowi karena dia tahu ini (jalan tol) dibangun dari uang rakyat,” ujar Tomi Mano.

Sekretaris Daerah Kota Jayapura, Frans Pekey, berharap lapangan tenis tersebut menggunakan nama Sian Soor sesuai kearifan lokal.

“Batu prasastinya kami sudah disiapkan dengan nama Sian Soor Tennis Centre,” ujar Pekey. (*)

JUBI.CO.ID


BERITA TERKAIT