Berbondong-bondong Hadiri Festival Mangga Golek, Banyak Warga Jayapura Kecewa Tak Dapat Mangga
JUBI.CO.ID | 21/08/2020 14:40
Berbondong-bondong Hadiri Festival Mangga Golek, Banyak Warga Jayapura Kecewa Tak Dapat Mangga
Peserta sedang mengikuti lomba makan mangga terbanyak. Jubi / Engel Wally

Sentani,Jubi – Festival Mangga Golek yang diselenggarakan di Kampung Dormena Distrik Depapre Kabupaten Jayapura telah resmi dibuka oleh Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw pada Kamis (20/8/2020).

Festival yang digelar untuk pertama kalinya itu, akan berlangsung hingga 22 Agustus nanti, mendapat antusuas warga yang cukup banyak. Hal ini dibuktikan dengan ribuan orang berbondong-bondong menuju Kampung Dormena untuk makan mangga dalam perhelatan festival tersebut.

Bupati Awoitauw mengatakan festival yang digelar ini merupakan inisiatif dan kreativitas masyarakat untuk menyelenggarakannya.

“ Selama ini mereka kesusahan ke pasar untuk menjual hasil panen mangga mereka, oleh sebab itu festival ini digelar,” ujar Bupati Awoitauw di Kampung Dormena usai membuka kegiatan tersebut.

Disinggung soal infrastruktur jalan, Mathius menjelaskan pihaknya sedang mengerjakan pembukaan jalur jalan menuju pasir enam Kota Jayapura.

Selain itu, Awoitauw juga mengaku kalau ruas jalan Kampung Wanya hingga Kampung Yongsu Sapari menjadi tanggung jawab Pemerintah Kabupaten.

“ Jalan provinsi dari Sentani hingga ibu kota distrik Depapre dan itu sudah diusulkan berkali-kali agar diperbaiki,” ujarnya.

 

Dari arena Festival Mangga Golek di Kampung Dormena, tidak begitu nampak adanya mangga yang dipersiapkan warga setempat dalam jumlah yang banyak, sesuai kehadiran warga masyarakat yang sudah berbondong – bondong berada di Kampung tersebut.

“ Katanya makan mangga gratis di festival ini, nyatanya kami sudah di kampung Dormena tetapi tidak mendapatkan mangga, bahkan yang berjualan juga sudah habis,” ujar Magrit Kaway salah satu pengunjung yang kesal kehabisan mangga.

Sejak pagi hari sekitar pukul 7.30 wit, tempat kegiatan telah dipenuhi pengunjung, puncaknya pada pukul 11.30 arus jalan raya dari Kampung Yepase hingga Dormena macet total. Antrian kendaraan sepanjang kurang lebih 10 KM, baik kendaraan roda dua dan roda empat tidak bisa bergerak maju ataupun sebliknya dari Kampung Dormena yang ingin kembali ke kota.

“ Kendaraan kami tinggalkan di pertengahan kampung Wambena dan Dormena dan memilih jalan kaki ke dormena, dengan harapan bisa mendapatkan mangga, atau mungkin kami yang terlambat, kesal juga mengalami kondisi seperti ini,” ujar Ariyanto warga Perumnas II Waena Kota Jayapura.

Sementara itu, atraksi yang dilakukan pada hari pertama kegiatan festival adalah lomba makan mangga golek terbanyak yang diikuti oleh sejumlah pejabat pemerintahan, tokoh masyarakat, pemuda dan juga masyarakat umum.

“ Masih ada atraksi lain seperti kupas mangga tercepat dan lomba-lomba lainnya yang dilaksanakan pada hari kedua,” ucap Jhon Tegai Ketua Panitia kegiatan Festival Mangga Golek. (*)

JUBI.CO.ID


BERITA TERKAIT