Pesepeda Punya Potensi Sebarkan Covid-19, Berikut Penjelasan Dinas Kesehatan Kalteng
JUBI.CO.ID | 01/07/2020 16:01
Pesepeda Punya Potensi Sebarkan Covid-19, Berikut Penjelasan Dinas Kesehatan Kalteng

Palangka Raya, Jubi – Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah mengingatkan potensi penyebaran Covid-19 kepada para pesepeda. Mereka diminta harus menerapkan protokol kesehatan ketika melakukan aktivitas bersepeda.

“Saat bersepeda juga berpotensi terjadi penularan Covid-19. Hal itu dimungkinkan jika pesepeda tidak menggunakan masker dan tak menjaga jarak saat bersepeda,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, Suyuti Syamsul, Selasa, (30/6/2020).

RSUD penuh, penanganan PDP corona di Palangka Raya dirawat di Bapelkes

Temuan penumpang pesawat GA 682 positiv Covid-19, ini penjelasan Garuda

Ia menjelaskan jika jarak fisik untuk aktivitas antar masyarakat dalam suatu ruangan atau tempat minimal satu meter atau 1,5 meter,  maka jarak minimal antarpesepeda dua meter untuk samping kanan dan kiri serta sekitar 11 meter untuk jarak depan dan belakang.

 

Dia mencontohkan jika jarak antarpesepeda depan dan belakang hanya lima meter dan yang paling depan bersin maka dimungkinkan droplet yang terpercik ke udara menempel pada pesepeda di belakangnya. Hal itu karena saat bersepeda, pergerakan pesepeda cukup cepat. Hal tersebut berbeda dengan aktivitas di ruangan.

“Saya ambil contoh, hasil penelusuran ada satu tenaga kesehatan di Palangka Raya yang terpapar Covid-19 bukan karena sentuhan fisik melainkan dari aktivitas bersepeda,” kataSuyuti menjelaskan.

Dia mengingatkan para pesepeda menjaga jarak dan selalu menggunakan alat pelindung diri, seperti masker, saat melakukan olahraga luar ruangan itu.

Hal yang juga harus diperhatikan juga jangan sampai saat bersepeda dan menggunakan masker mengalami kekurangan pasokan oksigen. (*)

JUBI.CO.ID


BERITA TERKAIT