Sayang Mandabayan Terdakwa kasus Makar Divonis 9 Bulan Penjara, Bawa Ribuan Kertas Bergambar Bintang Kejora
JUBI.CO.ID | 20/05/2020 15:15
Sayang Mandabayan Terdakwa kasus Makar Divonis 9 Bulan Penjara, Bawa Ribuan Kertas Bergambar Bintang Kejora

Manokwari, Jubi – Sayang Mandabayan, terdakwa kasus Makar, menerima vonis hukuman 9 (sembilan) bulan penjara yang diputus oleh Hakim pengadilan negeri Manokwari, dalam agenda sidang putusan, Selasa (19/5/2020).

“Saya terima”, ujar Sayang Mandayan melalui sambungan teleconference dari Lapas Manokwari, disaksikan Hakim, Jaksa dan peserta sidang di ruang sidang PN Manokwari.

Ketua Majelis Hakim, Faisal M.Kossah, menyatakan bahwa putusan hukuman terhadap Sayang Mandabayan, lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Manokwari. “JPU tuntut 10 bulan, kami putus/vonis 9 bulan,” ujar Faisal.

Sementara, Metuzalak Awom, ketua tim kuasa hukum Sayang Mandabayan menyatakan, kliennya telah menjalani masa hukuman sembilan bulan berjalan.

“Klien saya ditahan sejak 3 Oktober 2019 sesuai Surat Perintah Penahanan oleh pihak Kepolisian. Jadi maksimal dua minggu lagi, Sayang Mandabayan bisa bebas demi hukum,” katanya.

 

Atas nama Sayang Mandabayan, Awom juga menyampaikan terima kasih kepada Hakim, Jaksa serta semua pihak yang telah telah terlibat dalam perkara kliennya, hingga menerima putusan keadilan oleh Negara melalui Pengadilan Negeri Manokwari.

“Terima kasih, kepada semua yang sudah terlibat dalam proses hukum klien kami sampai mendapat putusan keadilan oleh Negara,” kata Awom.

Diketahui, Sayang Mandabayan ditangkap di bandara Rendani Manokwari pada 2 September 2019, karena membawa ribuan aksesori Bintang Kejora berbahan kertas bertangkai lidi, kaos bertuliskan kata lawan dan teks lagu kebangsaan Papua.

Sayang Mandabayan selanjutnya diproses hukum dari Kepolisian, hingga didakwa pasal Makar oleh Kejaksaan Negeri Manokwari, dan hari ini menerima vonis hukuman 9 bulan. (*).

JUBI.CO.ID


BERITA TERKAIT