Bupati Kepulauan Tanimbar Petrus Fatlolon Sumbang Seluruh Gaji untuk Pandemi Covid-19
JUBI.CO.ID | 20/04/2020 16:30
Bupati Kepulauan Tanimbar Petrus Fatlolon Sumbang Seluruh Gaji untuk Pandemi Covid-19

Saumlaki, Jubi – Bupati Kepulauan Tanimbar Petrus Fatlolon menyumbangkan seluruh gaji dan penghasilan tambahannya untuk program penanggulangan pandemi covid-19. Kesediaan itu tertuang dalam surat bernomor 466/497 tertanggal 20 April 2020. Surat ditujukan kepada Koordinator Bidang Administrasi dan Keuangan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepulauan Tanimbar, Maluku.

“Selain (anggaran) dari pemerintah daerah, kami membutuhkan sumbangan material maupun finansial secara suka rela. Setelah berunding dengan ibu dan anak-anak, kami bersepakat menyumbangkan gaji saya kepada Gugus Tugas Covid-19 mulai bulan depan hingga pandemi ini berakhir,” kata Fatlolon, Senin (20/4/2020).

Fatlolon mengatakan penanggulangan Covid-19 membutuhkan biaya besar karena wilayah mereka terdiri atas gugusan pulau. Dia berharap pelbagai kalangan, termasuk para pejabat setempat ikut menyumbang material maupun finansial guna membantu pemerintah dalam mengatasi pandemi covid-19 di Tanimbar

“Semoga para pejabat (lain) juga tergerak menyumbang kepada Gugus Tugas (Percepatan Penanganan Covid-19 Kepulauan Tanimbar). Nilainya relatif, dan sukarela,” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar mengalokasikan sekitar Rp37 Milyar untuk penanggulangan pandemi covid-19. Dana tersebut dianggap relatif tidak mencukupi untuk penyediaan kebutuhan lain di luar perencanaan, seperti fasilitas karantina permanen.

“Demikian juga kebutuhan masyarakat di desa-desa, harus diperhatikan. Kita tidak tahu kapan pandemi ini berakhir. Apabila ada pihak yang membantu, itu lebih baik dan akan meringankan beban (pembiayaan),”jelas  Fatlolon. (*)

JUBI.CO.ID


BERITA TERKAIT