Dampak Wabah Corona, Bagaimana Nasib PON XX Papua?
JUBI.CO.ID | 13/04/2020 16:03
Dampak Wabah Corona, Bagaimana Nasib PON XX Papua?
Logo dan Maskot PON 2020. (jubi.co.id)

Jayapura, Jubi – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan kementeriannya telah menyelesaikan rekomendasinya untuk PON Papua mendatang dan siap untuk membahasnya dengan Presiden Joko Widodo.

“Kami telah mengumpulkan rekomendasi dari semua pemangku kepentingan terkait. Ada plus dan minus dalam rekomendasi dan keputusan akhir akan datang dari Presiden sendiri,” kata Menpora, Minggu (12/4/2020), dilansir oleh Jakarta Post.

Sekarang, Zainudin melanjutkan, kementerian sedang menunggu staf Presiden untuk mengatur pertemuan.

Kementerian Pemuda dan Olahraga telah mengalokasikan Rp 500 miliar (US $ 30,7 juta) dari anggaran Rp 1,7 triliun untuk persiapan PON. Saat ini pemerintah sedang merealokasi dana untuk membantu penanganan COVID-19.

Sementara Ketua KONI Letjen (purn) Marciano Norman. Mengatakan keberhasilan pemerintah dalam memerangi COVID-19 akan menentukan nasib PON tahun ini di Papua, kata ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Letjen (purn) Marciano Norman.

Dia menambahkan bahwa jika pemerintah mampu memperlambat virus secara signifikan pada Juni, masih ada cukup waktu untuk mempersiapkan acara sesuai jadwal, dari 20 Oktober hingga 2 November

 

“Jika kita menghadapi eskalasi peningkatan [COVID-19] pada bulan Juni, maka pemerintah sangat disarankan untuk menunda PON sampai tahun depan, mungkin setelah Olimpiade Tokyo dan sebelum Olimpiade Asia Tenggara Vietnam,” kata Marciano. (*)

JUBI.CO.ID


BERITA TERKAIT