Penembakan di Distrik Sugapa, Kapendam Cendrawasih Sebut Korban Tewas Anggota Kelompok Bersenjata
JUBI.CO.ID | 20/02/2020 15:30
Penembakan di Distrik Sugapa, Kapendam Cendrawasih Sebut Korban Tewas Anggota Kelompok Bersenjata

Jayapura, Jubi – Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Cpl Eko Daryanto menyatakan seorang warga yang tewas tertembak di Kampung Yaparo, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya pada Selasa (18/2/2020) adalah anggota kelompok bersenjata. Seorang anak yang juga tertembak di lokasi yang sama dinyatakan terkena tembakan kelompok bersenjata.

Keterangan Kolonel Cpl Eko Daryanto itu berbeda dengan kesaksian warga yang diberitakan Jubi pada Selasa. Narasumber Jubi pada Selasa menyatakan dua orang yang tewas tertembak pada Selasa, Kayus Sani dan Meky Tipogau, adalah warga sipil. Selain itu, ada dua perempuan yang juga terluka karena terkena tembakan.

BACA: Para Pengusaha Muda Papua yang Menginspirasi

Dikutip dari Kantor Berita Antara, Eko Daryanto Tim Gabungan Satuan Tugas Penegakan Hukum TNI/Polri terlibat kontak senjata dengan kelompok bersenjata di Sugapa pada Selasa pukul 07.20 WP. Kontak senjata itu terjadi setelah pasukan TNI/Polri melihat ada anggota kelompok bersenjata menenteng dua pucuk senjata api.

“Pada saat pengejaran terjadi kontak tembak dan kelompok itu melarikan diri ke jurang dan semak-semak ke arah Ugimba,” kata Eko di Jayapura, Rabu (19/2/2020).

Menurut Eko, jenazah Meky Tipogau ditemukan Tim Gabungan saat memeriksa lokasi itu, setelah kontak senjata mereda. Eko mengatakan Tipogau ditembak saat membawa senjata, namun senjata itu dibawa lari oleh anggota kelompok bersenjata lainnya. Menurutnya, Tim Gabungan juga menyita satu unit laptop, satu unit telepon genggam, dua pucuk senjata api rakitan, satu unik mesin faksimili, satu buah busur dan beberapa anak panah.

Eko juga menyatakan dalam kontak senjata pada Selasa, kelompok bersenjata menembak secara membabi buta ke arah pasukan Tim Gabungan. “Tembakan kelompok bersenjata mengenai seorang perempuan 14 tahun bernama  Kina Sani, yang tertembak di telapak kaki kiri,” kata Eko.

 

Pada Selasa Jubi memberitakan dua warga sipil yang dilaporkan tewas tertembak di Sugapa. Narasumber Jubi menyatakan kedua korban itu, Kayus Sani dan Meky Tipagau, tewas ditembak aparat keamanan saat berada di dalam rumah masing-masing. Ia menyatakan penembakan itu terjadi pada Selasa dini hari saat aparat gabungan TNI/Polri mulai memasuki Kampung Yoparu, Distrik Sugapa.

Jubi juga telah memberitakan sejumlah dua perempuan terluka dalam penembakan di Kampung Yoparu itu. Elepina Sani, ibu kandung Meky Tipagau, tertembak di tangannya, dan tengah dirawat warga di Kampung Yoparu. Sementara Malopina Sani tertembak di kakinya, dan telah dikirim ke Timika pada Selasa.(*)

JUBI.CO.ID


BERITA TERKAIT