Polres Merauke Minta Bantuan Dana ke Pemda Kirim Peserta Seleksi Polisi Jalur Noken
JUBI.CO.ID | 14/02/2020 08:30
Polres Merauke Minta Bantuan Dana ke Pemda Kirim Peserta Seleksi Polisi Jalur Noken

Merauke, Jubi – Polres Merauke mengajukan permohonan dana kepada pemerintah melalui DPRD setempat. Pendanaan tersebut untuk memberangkatkan sebanyak 135 peserta Seleksi Calon Anggota Polri dari Jalur Noken ke Polda Papua di Kota Jayapura.

“Kami sudah mendapatkan (menerima) proposal yang diajukan Polres Merauke. Sebagai tindak lanjut, saya sudah mengomunikasikannya kepada Ketua DPRD Merauke Benjamin Latumahina,” kata Wakil Ketua II DPRD Merauke Dominikus Ulukyanan, Kamis (13/2/2020).

BACA: Merauke perjuangkan pengaktifan kembali Program Rastra

Ulukyanan mengatakan hasil koordinasi dengan Ketua DPRD Merauke tersebut langsung ditindaklanjuti kembali melalui pertemuan dengan Bupati Frederikus Gebze. “Hari ini juga, saya bertemu Pak Bupati Merauke, membicarakan permintaan dana dari polres.”

Ulukyanan mengungkapkan sebagian besar peserta seleksi dari jalur noken berasal dari keluarga kurang mampu. Karena itu, bantuan dana dibutuhkan mereka untuk pembelian tiket pesawat dan keperluan lain selama sebulan di Jayapura.

“Saya mendapat informasi, anak-anak ini (peserta seleksi) harus jalan (berangkat) ke Jayapura pada 23 Februari. Karena itu, (pengajuan dana) harus direspon cepat oleh pemerintah,” kata Ulukyanan.

Seleksi calon anggota polisi dari jalur noken dikhususkan bagi warga Orang Asli Papua. Peserta yang dinyatakan lolos seleksi di polres harus mengikuti tes lanjutan di Polda Papua.

BACA: Kantor kampung adat harus menjadi spirit kebangkitan adat

Anggota DPRD Merauke Moses Kaibu juga meminta pemerintah setempat menyokong dana pemberangkatan dan akomodasi peserta seleksi ke Jayapura. “Saya kira harus segera direspons (permohonan bantuan) biaya yang diusulkan Polres Merauke itu.” (*)

JUBI.CO.ID


BERITA TERKAIT