Jokowi Perintahkan TNI Rehab Pasar Wouma Papua dalam Dua Minggu
JUBI.CO.ID | 28/10/2019 16:16
Jokowi Perintahkan TNI Rehab Pasar Wouma Papua dalam Dua Minggu

Wamena, Jubi – Presiden Joko Widodo memberikan waktu dua pekan untuk menyelesaikan pembangunan kembali pasar Wouma, Distrik Wouma, Kabupaten Jayawijaya.

Hal itu ditegaskan Jokowi saat berkunjung ke Wamena, ibu kota Jayawijaya, Senin (28/10/2019) untuk melihat situasi Wamena paska rusuh 23 September 2019 setelah melihat pasar Wouma dan Kantor Bupati Jayawiajaya.

Berita lainnya:
Pembangunan gedung baru GKI Harapan Abepura butuh waktu dua tahun 
Wali Kota Manado jamin keamanan mahasiswa Papua untuk menuntut ilmu 

Menurut presiden, pasar Wouma merupakan pasar dimana masyarakat menjual produk pertanian yang dihasilkan baik sayuran maupun buah buahan dan barang logistik yang diperlukan, sehingga perlu tindakan cepat memperbaikinya.

“Sehingga ini kami berikan prioritas dengan target dua minggu rampung. Dikerjakan oleh TNI agar bisa dipakai kembali, sehingga kegiatan ekonomi kembali pulih,” kata Jokowi di Wouma.

Selain Pasar Wouma, presiden juga menyampaikan bahwa rumah warga dan pertokoan yang terbakar dalam waktu dekat ini akan dikerjakan secara swakelola agar lebih cepat.

“Kami ingin semuanya dikerjakan cepat. Kembali semuanya normal, ekonomi juga bergerak normal. Dikerjakan oleh Zeni TNI jadi ditargetkan dua minggu,” tambahnya.

Selain itu kantor pemerintahan juga akan menjadi fokus pembangunan, hanya saja untuk kantor bupati Jayawijaya yang terbakar akan dikerjakan oleh kementerian PUPR.

Ia juga berkata jika aparat TNI Polri siap menjamin keamanan agar perekonomian di Jayawijaya kembali normal.

“Indonesia negara besar, jadi kalau ada masalah kita selesaikan,” lanjutnya.

Ia juga berpesan jika belajar dari pengalaman jika semua masyarakat yang ada di Jayawijaya berkomitmen selalu bersatu bersama membangun Papua, maka kesejahteraan, kemakmuran akan cepat tercapai. (*)


BERITA TERKAIT