Dicurigai Sebagai Perancang Aksi Demonstrasi, Ini Jawaban Gubernur Papua Lukas Enembe
JUBI.CO.ID | 20/09/2019 09:10
Dicurigai Sebagai Perancang Aksi Demonstrasi, Ini Jawaban Gubernur Papua Lukas Enembe

Jayapura, Jubi – Gubernur Papua Lukas Enembe meminta kepada TNI dan Polri tidak menuding pejabat di lingkungan pemerintahan Provinsi Papua sebagai orang yang merancang berbagai aksi demonstrasi di Papua. Menurutnya, bupati dan wali kota di berbagai wilayah terus berupaya mengatasi berbagai persoalan yang terjadi di tanah Papua.

“Aksi demo yang terjadi di Papua dan Papua Barat memang kebanyakan masyarakat dari pegunungan Papua. Itu hanya kebetulan, jadi bukan karena saya orang gunung jadi dicurigai, termasuk para bupati di beberapa wilayah pegunungan,” kata Gubernur Lukas, Rabu 18 September 2019 malam.

BACA: Polisi bubarkan acara bakar batu sambut mahasiswa eksodus di Timika, 22 orang ditangkap

Dikatakan Enembe, Ia bersama Gubernur Papua Barat, bupati dan wali kota saat ini sedang melakukan konsolidasi guna mengatasi gelombang eksodus mahasiswa yang meninggalkan kota di wilayah Jawa, Bali, Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan.

“Kami adalah kepanjangan tangan atau wakil pemerintah pusat di daerah untuk menyelesaikan persoalan yang menyangkut situasi keamanan di Papua maupun Papua Barat, bukan sebaliknya dicurigai secara berlebihan. Saya ingin tegaskan kepada Pangdam dan Kapolda harus percaya kepada kami, Gubernur, Wali Kota, dan Bupati” ujarnya.

BACA: Dituduh lakukan penghasutan, Erik Aliknoe ditangkap Polisi

Dikatakan, situasi yang sedang terjadi di Papua harus dibicarakan bersama-sama untuk menciptakan Papua yang aman dan damai demi kemajuan pembangunan dan kesejahteraan rakyat. (*)

JUBI.CO.ID

 


BERITA TERKAIT