Dituduh Makar dan Manghasut, Ketua Umum Komite Nasional Papua Barat Ditangkap
JUBI.CO.ID | 18/09/2019 14:58
Dituduh Makar dan Manghasut, Ketua Umum Komite Nasional Papua Barat Ditangkap

Jayapura, Jubi – Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Papua, Emanuel Gobay mengatakan tim Polda Papua menangkap Ketua Umum Komite Nasional Papua Barat (KNPB), Agus Kossay dengan tuduhan makar dan penghasutan.

Ia mengatakan, Agus Kossay bersama seorang rekannya yang diduga aktivis KNPB ditangkap di Hawai, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua pada Selasa petang 17 September 2019. “Tuduhannya, pasal 106 (KUHP) terkait makar dan pasal 160 (KUHP) tentang pengahasutan.

BACA: Enam anggota MRPB ajukan PK

Dua orang yang ditangkap. Selain Agus ada satu orang lain Saya coba pastikan namanya,” kata Emanuel Gobay kepada Jubi, Rabu 18 September 2019.

Menurutnya, pasca-penangkapan kini Agus Kossay dan seorang rekannya tersebut menjalani pemeriksaan di Mako Brimob Polda Papua di Kotaraja, Kota Jayapura.

Kata Gobay, LBH Papua bersama beberapa lembaga lain yang tergabung dalam Koalisi Pengacara HAM Papua akan mendampingi Agus Kossay dalam menjalani proses hukum yang dihadapinya.

“Selain LBH Papua, ada Perkumpulan Advokat Hak Asasi Manusia (PAHAM) Papua, Aliansi Demokrasi untuk Papua (ALDP), dan Perkumpulan Bantuan Hukum (PBH) Cenderawasih,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolda Papua Irjen Pol Rudolf Alberth Rodja mengatakan, sebelum ditangkap Agus Kossay telah masuk dalam daftar pencarian orang atau DPO.

BACA: Kebakaran di Asmat, tiga korban alami luka bakar

Katanya, Agus Kossay ditangkap bersama seorang aktivis KNPB bernama Dony Itlay. Ketika itu Dony Itlay berboncengan sepeda motor dengan Agus Kossay.

“Proses penegakan hukum kasus demonstrasi anarkis di Jayapura masih terus kami kembangkan. Siapa pun dia mesti mempertanggungjawabkan perbuatannya,” kata Irjen Pol Rudolf Albert Rodja kepada wartawan. (*)

JUBI.CO.ID

 


BERITA TERKAIT