Gelombang Mahasiswa Pulang ke Papua, Komnas HAM Kirim Tim ke Empat Kota
JUBI.CO.ID | 10/09/2019 09:10
Gelombang Mahasiswa Pulang ke Papua, Komnas HAM Kirim Tim ke Empat Kota
Kepala kantor Komnas HAM perwakilan Papua, Frits Ramandey – Jubi. Dok

Jayapura, Jubi – Komnas HAM perwakilan Papua dalam waktu dekat akan mengirim tim ke empat kota yang menjadi tempat studi mahasiswa asal Papua. Kota studi itu adalah Manado, Makassar, Bali dan Yogyakarta.

Kepala Kantor Komnas HAM perwakilan Papua, Frits Ramandey mengatakan ada beberapa hal yang ingin dipastikan oleh Komnas HAM salah satunya mencari tahu penyebab kembalinya sejumlah mahasiswa asal Papua dari empat kota studi itu. Selain itu, Komnas HAM perwakilan Papua juga ingin memastikan apakah mahasiswa Papua di beberapa kota studi mendapat diintimidasi.

BACA: Bupati kunjungi kota studi mahasiswa Jayawijaya di Makassar

“Kami akan cari tahu siapa yang mengintimidasi. Ataukah aparat sering datang ke tempat mereka sehingga mereka merasa terintimidasi. Kalau itu terjadi tim ini akan mengklarifikasi,” kata Frits Ramandey kepada Jubi, Senin 9 September 2019.

Komas HAM Papua juga akan mencari tahu apakah kepulangan mahasiswa ke Papua melalui koordinator atau mereka pulang karena inisiatif pribadi. Frits mengaku akan memastikan apakah kembalinya mahasiswa ke Papua terdapat unsur pelanggaran HAM atau tidak.

“Di Papua kami telah mendatangi beberapa asrama untuk memastikan, dan kami pastikan memang ada mahasiswa yang sudah pulang ke Papua,” ucapnya.

BACA: Komnas HAM identifikasi dugaan pelanggaran HAM sepanjang Agustus

Satu diantara mahasiswa asal Papua yang kuliah di Universitas Negeri Manado, Sefris Tabuni mengatakan, ia dan sekitar 20 lebih mahasiswa berbagai universitas di Sulawesi Utara, memilih kembali ke Papua sejak 3 September 2019.

“Sekarang saya sudah di Wamena. Kami pulang karena orang tua panggil. Mereka dengar isu-isu yang sedang berkembang sekarang. Makanya mereka takut. Merasa khawatir, sehingga menyuruh pulang,” kata Sefris Tabuni via telepon. Sefris belum bisa memastikan apakah akan kembali ke Manado untuk melanjutkan kuliah atau tidak. (*)

JUBI.CO.ID


BERITA TERKAIT