Sidang Jafar Umar Thalib Digelar di PN Makassar, Korban dan Persekutuan Gereja Kecolongan
JUBI.CO.ID | 19/06/2019 18:30
Sidang Jafar Umar Thalib Digelar di PN Makassar, Korban dan Persekutuan Gereja Kecolongan
Massa di Markas Polsek Abepura, Kota Jayapura, Pupua, mendengar pembacaan pernyaaan pencabutan akta perdamaian oleh pengacara Ja’far Umar Thalib, Yansen Simbolon, Jumat (15/3/2019) – Piter Lokon/Jubi

Jayapura, Jubi – Henock Nikki, keluarga korban perusakan rumah dan pelantang suara miliknya menyesali ketidaklibatan keluarganya dalam sidang perdana yang Ustaz Jafar Umar Thalib (JUT), padahal sidang itu bermula dari perusakan rumahnya

“Saya mau sampaikan bahwa saya punya kerugian yang dirusakan oleh anak buah Jafar Umar Thalib yang merusak sound system dan juga belum diganti,” kata Henock di Jayapura, Papua, Selasa (18/6/2019).

BACA: Anggota Polresta Jayapura yang bermasalah tidak diizinkan memegang senjata api

Kemudian, ia juga mengaku menyesal bahwa sidang perdana JUT di Makassar mengapa tidak melibatkan keluarga yang menjadi korban. Padahal sidang itu berawal dari perusakan rumah miliknya dan ganti rugi pelantang suara yang dirusak.

Kasus persidangan Ustaz Jafar di Makassar itu berawal saat Henock Niki (41) memutar musik rohani dengan volume keras di rumahnya di Jalan Protokol Koya Barat, Distrik Muara Tami, Jayapura pada Rabu, 27 Februari 2019, sekitar pukul 05.30 WIB.

Anggota pengikut JUT merusak pelantang suara satu set seharga Rp20 juta milik keluarga Henock M.Nikki di dalam rumah Nikki.

“Kami adalah pihak korban yang dirugikan oleh anggota JUT tapi kami tidak tahu sama sekali kalau sidang perdana JUT dilakukan di Makassar,” katanya.

BACA: Kekerasan berkepanjangan di Papua semakin memperkuat tuntutan penentuan nasib sendiri 

JUT mantan panglima Jihad ditetapkan sebagai tersangka perusakan rumah warga di Papua. Kasus perusakan rumah itu disidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Makassar pada Rabu (12/6/2019).

Berdasarkan jadwal sidang yang tertera di PN Makassar, sidang eks panglima jihad ini terdaftar dengan sidang perkara nomor 808/PID,sus/2019/PN MKS.

Baca selengkapnya di JUBI.CO.ID


BERITA TERKAIT