Hamparan Sampah Merusak Pemandangan di Pantai Jayapura
JUBI.CO.ID | 23/05/2019 13:10
Hamparan Sampah Merusak Pemandangan di Pantai Jayapura
Tumpukan sampah botol plastik yang berada di bibir pantai pulau Deby yang berhadapan langsung dengan jembatan merah Hamadi – Jubi/Agus Pabika.

Jayapura, Jubi – Timbunan sampah plastik mulai merusak pemandangan sejumlah objek wisata dan ikon unggulan Kota Jayapura. Ini terlihat di salah satu objek wisata unggulan Jembatan Hamadi. Sampah plastik terlihat memenuhi bibir pantai dan pemukiman warga mulai dari Kampung Engros hingga Pulau Deby.

Pengunjung wisata Hamadi, Hendrik Rewapatara menyayangkan tumpukan sampah yang merusak pemandangan tersebut. Menurutnya peran masyarakat dan pemerintah sangat penting untuk menjaga lingkungan yang menjadi lokasi wisata warga Jayapura.

BACA: Masyarakat adat tolak perusahaan sawit di Siwis

“Mengenai sampah plastik yang bawah di jembatan Hamadi-Holtekamp itu, yang salah di masyarakat dan pemerintah, karena mereka ini kurang menyadari adanya pencemaran lingungan dari sampah botol plastik ini baik untuk ekosistem, wisata hingga biota laut,” kata Hendrik.

Menurutnya, Pemerintah dan masyarakat dalam hal ini organisasi kepemudaan yang ada di kampung Engros harus segera bertindak sebelum sampah mencemari eksositem laut yang justru akan berbahaya bagi lingkungan. Sementara Pemerintah terutama Dinas Pariwisata juga harus diminta mengembangkan berbagai objek wisata dari aspek kelayakan, kebersihan hingga fasilitas pendukung lainnya.

BACA: Abrasi ancam Nabire

Marisha warga kota Jayapura juga menyayangkan rusaknya pemandangan objek wisata karena sampah. Ia berharap wisatawan yang datang berkunjung ke berbagai wisata di Jayapura bisa membantu menjaga kebersihan.

“Tolong jaga tong pu alam Papua, apalagi buat anak-anak muda Papua kam harus peduli lingkungan, siapa lagi yang mo jaga alam Papua ini kalo bukan kita,” pesannya. (*)

JUBI.CO.ID


BERITA TERKAIT