Pleno Rekapitulasi Suara Kisruh, KPU Manokwari Dilempari Batu
JUBI.CO.ID | 10/05/2019 16:29
Pleno Rekapitulasi Suara Kisruh, KPU Manokwari Dilempari Batu
Suasana sekitar kantor KPU Manokwari saat aksi protes warga. Polisi pertebal pengamanan. (Jubi/Hans Arnold Kapisa).

Manokwari, Jubi – Kericuhan terjadi dalam proses pleno rekapitulasi perolehan suara tingkat KPU Kabupaten Manokwari setelah sejumlah saksi Parpol dan simpatisan salah satu caleg mendesak pihak KPU menghitung ulang surat suara asal PPD Manokwari Barat yang diduga sarat kecurangan.

Pleno yang dipimpin ketua KPU Manokwari, Abdul Muin Salewe sempat diskors,  untuk menjelaskan dan menjawab desakan para saksi dan simpatisan caleg.

Namun upaya KPU bersama Bawaslu inipun tak digubris, sehingga para saksi dan simpatisan kemudian mengamuk dan keluar ruang pleno. Aksi protes pun berlanjut dari luar gedung, hingga kantor KPU Manokwari sempat dilempari batu.

BACA: Sekelompok warga di Bintuni protes hasil rekapitulasi penghitungan suara

Yakob Yenu, caleg petahana asal Partai Demokrat di DPRD Kabupaten Manokwari, menduga ada sebagian hak suara yang hilang saat penghitungan di tingkat PPD Manokwari Barat. Sehingga ia dan sejumlah caleg mendesak dilakukannya perhitungan ulang, khusus PPD Manokwari Barat di pleno KPU yang berlangsung hingga malam tadi.

“Harus dilakukan perhitungan ulang surat suara PPD Manokwari Barat,” ujar Yenu.

Sementara, Kapolres Manokwari, AKBP Adam Erwindi mengatakan, hingga malam ini situasi di sekitar kantor KPU Manokwari berangsur kondusif, setelah Polres menambah jumlah pasukan dibantu Brimob untuk memastikan keamanan.

“Sampai sekarang sudah aman, warga yang melakukan aksi protes juga sudah bubar. Kita juga penebalan pasukan untuk antisipasi,” kata Erwindi.

BACA: Pleno rekapitulasi Pemilu 2019 di Papua Barat baru diikuti empat Kabupaten

Meski aksi protes yang terjadi adalah bagian dari hak demokrasi warga, tapi Erwindi menegaskan akan mengambil tindakan jika memang situasi tidak bisa terkendali.

Informasi yang dihimpun Jubi, pleno tingkat KPU kabupaten Manokwari ditunda untuk malam ini sampai pukul 20.30 WP, dan akan dilanjutkan pada besok (Jumat) pukul 09.00, pagi WP.(*)

JUBI.CO.ID


BERITA TERKAIT