Papua Bukan Hanya Ubi dan Sagu, Tapi Juga Kopi Papua!
JUBI.CO.ID | 20/02/2019 16:30
Papua Bukan Hanya Ubi dan Sagu, Tapi Juga Kopi Papua!
Petani kopi di Lani Jaya sedang menangani bibit kopi – Foto dok. Denny Yigibalom

Denny Jigibalom, pria asal Kabupaten Lanny Jaya, merupakan penggiat Kopi Tiom. Ia menekuni usaha kopi sejak 1995 melalui perjuangan pahit dan manis. Namun ia tidak berputus asa untuk menekuninya.

Kopi khas Papua, katanya, adalah kearifan lokal yang mesti diangkat. Cuma sayangnya kebersamaan dan kekompokan telah hilang dari orang Papua sehingga sulit mengangkatnya.

BACA JUGA: Ketua LMA Papua minta kasus Sekda Papua diselesaikan jalur musyawarah

“Orang bilang Tanah Papua ini surga kecil yang jatuh ke bumi, orang bangga menyanyi lagu itu, tapi hari ini kita memakan makanan dari luar Papua, bukan makanan dari Papua sendiri,” katanya, ketika dijumpai Jubi pada sebuah acara pameran kopi di Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin, 18 Februari 2019.

Hal seperti itu, kata Jigibalom, sering ia sampaikan ke penggiat kopi di Papua, karena kopi adalah kuliner Papua. Papua luas dari Sorong sampai Samarai dan masing-masing daerah memiliki potensi kopi masing-masing.

BACA JUGA: Bawa baju berlogo bintang kejora, dua aktivis KNPB ditangkap

“Ibarat Ko dari mana? Tabi, Sentani, dan Sentani sendiri itu luar kampung mana, seperti itu,” katanya menggambarkan beragamnya Papua.

Orang gunung, lanjutnya, dikenal dengan makanan pokok ubi, sedangkan orang danau makan sagu. Untuk mengangkat keragaman kuliner ini harus dilakukan bersama, tidak bisa sendiri-sendiri. Begitu juga dengan kopi yang berbeda di pegunungan dengan pesisir.

Baca selengkapnya di JUBI.CO.ID


BERITA TERKAIT